Berlaku Mulai 1 Februari, Segini Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng

Kamis, 27 Januari 2022 - 18:01 WIB
loading...
Berlaku Mulai 1 Februari, Segini Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng
Konsumen membeli minyak goreng di ritel modern. Kemendag menetapkan HET baru minyak goreng mulai 1 Februari 2022. Foto/MPI/Advenia Elisabeth
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag)menetapkan harga eceran tertinggi (HET) baru untuk minyak goreng yang akan berlaku efektif mulai 1 Februari 2022.

Adapun rinciannya adalah HET minyak goreng curah Rp11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium sebesar Rp14.000 per liter.

"Seluruh harga eceran tertinggi tersebut sudah termasuk PPN di dalamnya," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam konferensi pers, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Resmi! Produsen dan Eksportir Minyak Goreng Wajib Pasok 20% ke Domestik

Menurut Mendag, selama masa transisi mulai hari ini hingga 1 Februari mendatang, kebijakan minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter tetap berlaku dengan mempertimbangkan waktu kepada produsen dan pedagang.

"Kepada produsen kami menginstruksikan untuk segera mempercepat penyaluran minyak goreng dan memastikan tidak terjadi kekosongan stok di tingkat pedagang dan pengecer," tegas mantan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat itu.



Mendag juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan panic buying atau membeli minyak goreng dalam jumlah berlebihan. Pasalnya, pemerintah menjamin stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau.

Baca juga: Pembeli Tak Percaya Minyak Goreng di Pasar Becek Masih Mahal, Pedagang Kasih Bukti Struk Pembelian

Selain itu, Mendag kembali menegaskan bahwa pemerintah akan mengambil langkah-langkah hukum yang sangat tegas kepada seluruh pelaku usaha yang tidak patuh atau mencoba melanggar ketentuan ini.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2775 seconds (11.97#12.26)