Dihantam Kebijakan Keras Beijing, Harta 3 Pengusaha Properti Papan Atas China Raib Rp428,6 T

Rabu, 02 Februari 2022 - 10:24 WIB
loading...
A A A
Hui telah kehilangan 80% dari kekayaannya yang pada tahun 2017 tercatat mencapai lebih dari USD42,5 miliar. Kini Ia sedang berjuang untuk membayar lebih dari USD300 miliar dalam bentuk kewajiban kepada kreditur.

Didorong oleh keyakinan bahwa harga perumahan akan terus naik, dan pendapatan bakal meningkat, Evergrande meminjam dari karyawannya, investor ritel, serta berbagai lembaga keuangan termasuk bank dan perusahaan untuk memperoleh tanah dan membangun apartemen.

Tetapi setelah dana mengering dan harga rumah jatuh, model bisnia seperti yang diterapkan Evergrande berubah menjadi bangkrut.

Seluruh pasar telah melihat parade default tidak hanya Evergrande, tetapi Kaisa Group, Shimao Group, China Aoyuan Group dan Guangzhou R &F Properties, melakukan aksi jual dalam obligasi dan saham. Lalu meluas ke sektor terkait seperti Country Garden dan Longfor Properties.

Pekan lalu kegelisahan pasar menyebar ke saham Country Garden yang terdaftar di bursa Hong Kong. Dimana Ia anjlok sebanyak 8,1% hanya dalam satu hari karena kekhawatiran bahwa perusahaan telah gagal memenangkan dukungan yang cukup dari investor untuk kemungkinan kesepakatan obligasi konversi.



Krisis kepercayaan menyebabkan Chairman Country Garden Yang Huiyan, wanita terkaya di China, melihat kekayaannya turun lebih dari USD1 miliar hanya dalam satu hari. Meskipun kepanikan surut pada hari berikutnya dan saham pulih untuk menutup kerugian.

Kekayaan bersih Yang telah menyusut hingga USD6,2 miliar sejak April karena saham perusahaannya anjlok lebih dari sepertiga, serta menyeret kekayaannya turun menjadi USD23,4 miliar.

Sun's Sunac baru-baru ini eringkatnya dipangkas oleh Fitch Ratings dan S&P Global Ratings. Mengutip Fitch menerangkan, "penurunan fleksibilitas keuangan perusahaan di tengah volatilitas pasar modal yang tinggi."

Perusahaan mengumpulkan USD580 juta pada pertengahan Januari dengan menjual 452 juta saham dengan harga masing-masing dolar HK 10 atau diskon 15% untuk harga penutupan pada saat itu. Tetapi membutuhkan lebih banyak likuiditas, dan mungkin harus menjual aset nantinya, menurut Fitch.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)