Awalnya Hobi, Kini Fardhan Raup Keuntungan dari Ternak Exotic Wild Cat

Sabtu, 13 Juni 2020 - 11:59 WIB
loading...
Awalnya Hobi, Kini Fardhan Raup Keuntungan dari Ternak Exotic Wild Cat
Fardhan Khan. Foto/Istimewa
A A A
Mengeluarkan kocek besar demi sebuah hobi memang sah-sah saja. Tetapi tidak ada salahnya bila kegemaran mengoleki tersebut menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan dan mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Hal ini sudah diterapkan oleh Fardhan Khan, founder sekaligus CEO startup Buddyguard. Pria yang juga berprofesi sebagai artis dan model ini memiliki hobi memelihara kucing berpenampilan exotic berjenis wild cat.

Kecintaannya akan kucing ras savannah ini sebenarnya sejak Sekolah Menengah Atas (SMA). Sayangnya, kegemarannya tersebut baru bisa dia wujudkan pada 2015 lalu. Hal ini bukan lantaran keterbatasan tempat, melainkan karena harga satu ekor kucing wild cat yang terbilang fantastis. (Baca: Rela Siapkan Dana Besar untuk Koleksi Tas Mahal)

"Sebenarnya saya punya keinginan memelihara dari SMA, tapi harganya yang begitu mahal, jadi untuk bisa membeli satu ekor saja butuh waktu menabung sampai bertahun-tahun," jelas pria berkulit putih tersebut.

Sebenarnya, savannah F1 ini merupakan jenis kucing Hybrid yang paling populer karena pertama kali ditemukan di Amerika pada 1986. Kucing ini merupakan persilangan jenis serval Afrika dengan kucing domestik.

Untuk bisa mendapatkan kucing berbadan besar ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar USD 8.000 sampai USD 25.000 atau Rp150-Rp350 juta. Kucing ini pun diimpor langsung dari Eropa dan Amerika.

Saat ini Fardhan sudah memiliki sepuluh kucing dari lima jenis kucing Exotic Wild ini. Di antaranya ada jenis Serval, Caracal, Savannah F1, Chause F1, dan Chausi F2. Masing-masing kucing tentunya memiliki karakteristik yang berbeda.

"Saya membeli kucing ini selain hobi juga memang untuk diternakkan atau istilahnya breeder. Dalam memulai bisnis ini kita juga harus dimentoring dahulu oleh breeder dari luar negeri, dan saya sudah berhasil breeding chausei F2 dan anaknya sudah saya jual," kisah Fardhan saat di hubungi KORAN SINDO.

Dalam menjalankan bisnisnya, Fardhan mengaku memiliki kesulitan tersendiri. Salah satunya dalam hal menyilangkan kucing besar (serval) dengan kucing kecil (domestik).

"Persilangan antara keduanya tidak mudah dan langsung membuahkan hasil begitu saja, jadi kadang susahnya di situ," jelasnya. (Baca juga: Pria Kulit Hitam Tewas Menggantung di California Picu Kemarahan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)