Sentra Komoditas, Fasilitas ECF Brebes Kumpulkan dan Sortir Hasil Panen Bawang Merah

Senin, 06 Juni 2022 - 18:35 WIB
loading...
A A A
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes juga disebut siap berkoordinasi dan memfasilitasi demi memajukan kesejahteraan petani.

Beroperasi sejak 2017, hingga saat ini EdenFarm telah melayani lebih dari 50.000 pelanggan dari berbagai segmen B2B, termasuk hotel, restoran, kafe (horeka), UMKM, dan pasar basah. Tingginya permintaan pasar dapat terpenuhi berkat supply dari lebih dari 4.000 mitra tani dan 400 pemasok yang bekerjasama dengan EdenFarm.

Di Brebes, EdenFarm bermitra dengan 6 kelompok tani, Tunas Harapan, Sumber Jaya, Luwung Mukti, Tani Mukti, Marga Dana, Karya Jaya dan saat ini mensuplai rerata 50 ton bawang merah per bulannya. “Ke depannya, EdenFarm juga akan menggandeng lebih banyak mitra petani dan menjadi off-taker untuk komoditas cabe dan kentang di Brebes,” tambah Oki.



Mendukung pemberdayaan petani lokal, EdenFarm memberikan Farmers ID atau kartu keanggotaan mitra petani EdenFarm yang dibagikan kepada mitra petani secara langsung oleh Oki Harmawan dalam rangkaian acara Peresmian Eden ECF Brebes. Dengan Farmers ID, mitra petani dapat mengakses Farmers Apps, aplikasi petani dengan fitur-fitur seperti ensiklopedia pertanian, konsultasi, prediksi harga, serta data supply dan demand untuk meningkatkan produktivitas.

Tidak hanya itu, Farmers ID secara otomatis mencatat produktivitas mitra petani sehingga mempermudah akses bagi petani dalam
mendapatkan pendanaan untuk budidaya, hingga program loyalitas seperti beasiswa untuk anak petani, dan umroh.

Seremoni Peresmian Eden Collection Facility (ECF) Brebes turut disaksikan oleh Koordinator Bidang Sayuran dan Tanaman Obat, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Siti Wahyuningrum, dan Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Drs. Samsul Widodo.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2598 seconds (0.1#10.140)