5 Anak Perusahaan Pertamina, dari Bisnis BBM hingga Rumah Sakit dan Pesawat

Senin, 04 Juli 2022 - 10:40 WIB
loading...
A A A
Commercial and Trading Subholding merupakan bagian dari rantai kegiatan bisnis hilir Pertamina dan dijalankan melalui PT Pertamina Patra Niaga. Pada 2021, total aset PT Pertamina Patra Niaga mencapai USD12.594 juta.



2. PT Pertamina Hulu Energi
PT Pertamina Hulu Energi atau PHE berdiri pada 17 November 1989 dan bergerak di bidang pengelolaan usaha sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) serta energy, baik dalam maupun luar negeri. Perseroan juga menjalankan kegiatan usaha yang terkait dan/atau menunjang kegiatan usaha di bidang migas.

PHE bertugas mengelola Wilayah Kerja (WK) migas PT Pertamina (Persero). Selain itu, PHE merupakan subholding bagi Anak Perusahaan di bidang usaha minyak, gas bumi dan Coal Bed Methane (CBM), serta perusahaan patungan dan perusahaan afiliasi.

Hingga akhir tahun 2020, PHE telah mengelola 37 WK migas dan 57 Anak Perusahaan di bidang usaha migas dan CBM, serta enam Perusahaan Patungan dan dua Perusahaan Afiliasi. Pada tahun yang sama, PHE juga bersiap dalam transformasi menuju Subholding Upstream.

Pada 2020, perolehan pendapatan usaha PHE tercatat sebesar USD1.901,43 juta. Pendapatan itu utamanya berasal dari komersialisasi produk minyak mentah sebesar USD933,85 juta atau 49,11% dari total pendapatan. Adapun laba usaha sebesar USD449,55 juta.



3. Pertamina Gas Negara (PGN)
Pertamina Gas Negara merupakan transformasi dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina. PGN melakukan kegiatan usaha di bidang transmisi dan niaga gas bumi.

Pada bidang transmisi gas bumi, PGN dan entitas anak/afiliasi memiliki jaringan pipa transmisi di provinsi NAD, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Timur untuk menghubungkan lokasi sumber gas bumi dengan lokasi pengguna akhir gas bumi melalui moda pipa transmisi.

Pada bidang niaga gas bumi, PGN membeli gas bumi dari produsen lalu dijual ke berbagai segmen pengguna akhir, mulai dari pelanggan rumah tangga, pelanggan kecil, pelanggan komersial dan industri, pembangkit listrik, hingga ke sektor transportasi baik melalui moda pipa distribusi gas bumi, CNG, maupun LNG.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)