Deretan Koin Kuno di Dunia dengan Harga Fantastis

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:54 WIB
loading...
A A A
2. Brasher Doubloon

Deretan Koin Kuno di Dunia dengan Harga Fantastis


Pada 21 Januari 2021, koin Brasher Doubloon memecahkan rekor untuk koin emas Amerika Serikat (AS) dengan nilai lelang mencapai USD9,36 juta atau sekira Rp136 miliar. Lelang tersebut terjadi di Heritage Auctions, yang merupakan penjualan koleksi Donald G. Partrick di Dallas. Koin Brasher Doublon tahun 1787 adalah koin emas pertama yang dicetak di AS dan menjadi bagian penting dalam sejarah numismatik Amerika.

Koin tersebut dibuat oleh Ephraim Brasher, seorang pandai perak di New York, dalam jumlah sangat sedikit. Disebutkan bahwa Brasher membuat koin Doubloon ini hanya tujuh buah. Salah satu koin itu memiliki cap bertuliskan huruf “EB” di bagian sayap elang. Pada koin lainnya, cap “EB” tercetak di dada elang. Bobot koin sebesar 26,6 gram, terdiri dari 89 persen emas, 6 persen perak, 3 persen tembaga, dan 2 persen dari berbagai unsur.

3. Double Eagle

Deretan Koin Kuno di Dunia dengan Harga Fantastis


Double Eagle merupakan salah satu koin emas yang dicetak pada tahun 1933. Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat juga pernah mencetak koin Double Eagle edisi pertama. Hal yang membuat koin ini langka karena setelah dicetak, koin Double Eagles sempat ditarik kembali dari masyarakat umum.

Koin Double Eagles yang ditemukan akan disita dan dilebur kembali. Alasannya karena presiden saat itu, Theodore Roosevelt, melarang siapa pun memiliki emas. Hal ini dilakukan karena Presiden Theodore Roosevelt mengira bahwa menarik emas dari peredaran akan membantu krisis perbankan yang sedang terjadi saat itu.



Uniknya, koin Double Eagles ini sempat dimiliki oleh Raja Farouk dari Mesir. Namun, ia dipaksa untuk menjual koinnya dan membagi hasilnya dengan uang kertas AS. Double Eagle dilelang pada tahun 1933 dan berhasil terjual seharga USD7,59 juta atau Rp110 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)