Mengenal Prangko Pertama di Indonesia, Harganya Tak Kalah dengan Mobil Mewah

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:07 WIB
loading...
A A A
Sejak diterbitkannya prangko pertama keluaran Pemerintah RI, pengiriman surat tidak lagi menggunakan prangko dari pemerintahan Hindia Belanda. Prangko terbitan pemerintah ini juga menandakan bahwa Indonesia sudah terbebas dari penjajahan.

Dahulu, prangko ini seharga 20 sen. Namun, prangko pertama pemerintahan RI yang sudah menjadi barang langka itu kini banyak dicari oleh kolektor. Hal ini tentu menjadi pemicu tingginya harga prangko tersebut.

Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia Soeyono mengatakan, prangko ini juga menjadi simbol kedaulatan Indonesia, karena terdapat nama Indonesia di dalamnya. Prangko Indonesia pun diakui oleh dunia, hal ini dibuktikan dengan dikirimkannya sampel prangko Indonesia itu ke Universal Postal Union (UPU), yang merupakan badan PBB yang mengatur perposan, termasuk prangko.

Bila mengulik harga prangko lama dan kuno di Indonesia, ada yang mencapai Rp5 miliar satu helainya. Prangko dengan harga fantastis itu merupakan prangko Netherlands Indies 10 sen bergambar Queen Wilhelmina berwarna merah, dengan cetak tindih Angkatan Darat Pendudukan Jepang dan Republik Indonesia berwarna hitam.



Prangko tersebut digunakan pada tahun 1946 di wilayah Sumatra. Harga prangko yang mahal ini dipengaruhi oleh kelangkaannya. Semakin langka prangko tersebut, maka harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2734 seconds (0.1#10.140)