5 Negara yang Tidak Masuk Anggota Bank Dunia, Nomor Terakhir Konconya Amerika

Senin, 22 Agustus 2022 - 15:01 WIB
loading...
A A A
Kuba merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Karibia Utara. Sama halnya dengan Korea Utara, negara ini dikenal memiliki pemerintahan komunis sejak dulu. Ideologi itu kemungkinan membuatnya menarik diri atau tidak terlalu aktif dalam berbagai kegiatan dan perkumpulan internasional, termasuk salah satunya Bank Dunia. Meski demikian Kuba tetaplah menjadi bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

4. Monako

Melihat dari wilayahnya, Monako merupakan negara berdaulat terkecil kedua setelah Vatikan. Negara yang berbatasan dengan Prancis ini juga bukan termasuk sebagai anggota Bank Dunia.

Melihat alasannya, hampir sama dengan Andorra. Sektor ekonomi Monako terkait erat dengan ekonomi yang dimiliki Prancis, sehingga mereka tidak harus bergabung bersama World Bank.

5. Taiwan

Taiwan merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Timur. Dalam riwayatnya, Formosa memiliki sejarah panjang dalam kaitannya dengan China. Taiwan juga tidak termasuk sebagai anggota Bank Dunia. Meski berstatus demikian, negara ini dianggap sebagai ekonomi terbesar di luar Bank Dunia.



Selain kelima negara di atas masih ada beberapa negara lain yang tidak termasuk sebagai anggota Bank Dunia. Di antaranya adalah Liechtenstein, Hong Kong, hingga negara lain seperti Palestina dan Vatikan.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3139 seconds (0.1#10.140)