3 Dampak Naiknya Harga Gas Rusia di Negara-Negara Eropa, Terakhir Krisis Ekonomi

Kamis, 06 Oktober 2022 - 13:33 WIB
loading...
A A A
2. Krisis Energi

Biaya listrik setinggi langit telah memaksa beberapa industri yang haus energi, termasuk pembuat pupuk dan aluminium, untuk mengurangi produksi, dan membuat pemerintah Uni Eropa memompa miliaran euro ke dalam skema untuk membantu rumah tangga.

Para menteri energi negara-negara Uni Eropa akan bertemu pada 9 September untuk membahas opsi untuk mengendalikan melonjaknya harga energi termasuk batas harga gas dan jalur kredit darurat untuk pelaku pasar energi.

Jika harga gas tetap melambung, krisis energi di Eropa bisa terjadi. Sebab sumber energi Eropa saat ini banyak berasal dari gas alam dan mulai meninggalkan energi fosil, terutama untuk pembangkit listrik dan kebutuhan rumah tangga.

Baca juga : Gas Rusia Kembali Mengalir, Eropa Tetap Was-was

3. Krisis Ekonomi

Lonjakan harga yang terjadi tentunya mendorong tagihan rumah tangga, mendorong inflasi ke level tertinggi dalam beberapa dekade dan menekan daya beli masyarakat.

Dilansir dari IMF, dampak negatif pada output ekonomi akan sangat signifikan, sebanyak 6 % untuk beberapa negara di Eropa Tengah dan Timur di mana intensitas penggunaan gas Rusia tinggi dan pasokan alternatif terbatas.

Terutama Hongaria, Republik Slovakia dan Republik Ceko. Italia juga akan menghadapi dampak yang signifikan karena ketergantungan yang tinggi pada gas dalam produksi listrik.

Investor menjadi cemas aliran gas Rusia ke Eropa akan macet. Hal ini yang membuat gas alam Eropa saat ini meroket dan berpotensi untuk berlanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2659 seconds (0.1#10.140)