5 Negara Asia Pemberi Utang Terbanyak untuk Indonesia, 3 di Antaranya Anggota G20

Rabu, 16 November 2022 - 15:15 WIB
loading...
5 Negara Asia Pemberi Utang Terbanyak untuk Indonesia, 3 di Antaranya Anggota G20
Terdapat sedikitnya lima negara Asia pemberi utang terbanyak untuk Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima negara Asia pemberi utang terbanyak untuk Indonesia. Beberapa di antaranya diketahui sebagai negara anggota G20.

Berbicara mengenai utang luar negeri, sebagian besar negara di dunia tentu membutuhkannya. Adapun untuk alasannya sendiri cukup beragam, dari digunakan sebagai pendukung pembangunan negara hingga keperluan lain yang memang dibutuhkan.

Baca juga : Daftar 5 Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia, No 1 Ternyata Tetangga

Bersumber dari data Statistik Utang Luar Negeri Indonesia edisi November 2022, sejumlah negara diketahui menjadi pemberi pinjaman terbanyak bagi Indonesia.

Berikut lima negara Asia pemberi utang terbanyak untuk Indonesia.

1. Singapura

Singapura menjadi negara teratas dalam daftar ini. Menurut data Statistik Utang Luar Negeri Indonesia edisi November 2022, negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini menjadi pemberi utang terbanyak untuk Indonesia.

Adapun untuk angkanya sendiri pada bulan September 2022 mencapai USD59,8 miliar atau sekitar Rp931 triliun (kurs Rp15.570 per USD). Jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya, angka tersebut menjadi yang terbesar.

2. Jepang

Berikutnya ada Jepang. Negara di kawasan Asia Timur ini memang dikenal memiliki hubungan yang cukup baik dengan Indonesia, khususnya dalam berbagai kerja sama yang dibentuk keduanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2189 seconds (10.55#12.26)