Aliran Minyak Rusia ke Eropa Timur lewat Pipa Druzhba Kembali Pulih

Minggu, 20 November 2022 - 06:16 WIB
loading...
Aliran Minyak Rusia ke Eropa Timur lewat Pipa Druzhba Kembali Pulih
Aliran minyak melalui pipa Druzhba dari Rusia ke Eropa Timur kembali dibuka, menjadi kabar baik buat beberapa negara seperti Hongaria dan Slovakia hingga Republik Ceko. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Aliran minyak mentah melalui pipa Druzhba dari Rusia ke Eropa Timur kembali dibuka setelah adanya perbaikan infrastruktur listrik yang rusak dalam serangan terbaru Moskow di Ukraina. Kepastian ini disampaikan oleh pejabat dari Hongaria dan Slovakia.

Sementara itu harga gas alam dan listrik mulai mereda, menyusul para pemimpin NATO dan Polandia yang mengatakan, tidak ada indikasi bahwa serangan rudal di wilayah Polandia adalah serangan Rusia yang disengaja.

Baca Juga: Seberapa Ampuh Sanksi Penuh Uni Eropa Menekan Penjualan Minyak Rusia, Tajam atau Tumpul?

Aliansi militer mengungkapkan, ledakan di wilayah Polandia kemungkinan disebabkan oleh pertahanan udara Ukraina. Meski begitu para pelaku pasar tetap waspada terhadap tanda-tanda eskalasi perang serta risiko terhadap infrastruktur energi Eropa.

Aliran Minyak Rusia ke Eropa Timur lewat Pipa Druzhba Kembali Pulih


Harga minyak terpantau cenderung turun pada pekan kemarin. Cuaca ringan, tingkat penyimpanan penuh, dan detail baru yang muncul tentang upaya Uni eropa (UE) untuk membatasi volatilitas harga membantu menjaga gas berjangka hingga sesi penutupan.

Seiring pulihnya pipa Druzhba, pasokan minyak dari Ukraina ke Slovakia juga ikut mengalir. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Ekonomi Slovakia dalam pernyataan yang dikirim melalui email seperti dilansir Reuters.

Baca Juga: Dikejar Embargo Penuh Eropa, Minyak Mentah Rusia Mengalir Deras lewat Laut

Sedangkan Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Szijjarto mengungkapkan, "Aliran minyak di pipa Druzhba yang membawa minyak mentah Rusia ke Eropa timur telah dilanjutkan setelah perbaikan teknis di Ukraina untuk memulihkan listrik ke mata rantai". Namun aliran akan lebih lambat dari biasanya untuk periode awal.

Selain itu Transneft PJSC mengutarakan, ada permintaan dari Polandia untuk menerima minyak mentah dari Rusia pada tahun depan meskipun pihaknya sempat berjanji untuk berhenti melakukannya pada akhir tahun 2022.

"Ada permintaan dari konsumen di Polandia untuk aliran minyak pada tahun 2023 melalui pipa Druzhba melewati Belarus," ujar Sergey Andronov, wakil presiden di Transneft, operator pipa minyak Rusia kepada Bloomberg pada hari Rabu.

Penyuling minyak Polandia PKN Orlen SA mengkonfirmasi langkah itu dalam sebuah pernyataan, tetapi mereka mengatakan "hanya untuk memesan kapasitas transit potensial" pada pipa.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3919 seconds (10.101#12.26)