Heboh Warga China Tiba-tiba Panic Buying, Ada Apa?

Kamis, 15 Desember 2022 - 15:09 WIB
loading...
Heboh Warga China Tiba-tiba Panic Buying, Ada Apa?
China panic buying setelah melonggarkan kebijakan Covid-19 paling parah sejak minggu lalu. FOTO/Reuters/Tyrone Siu
A A A
JAKARTA - China panic buying setelah melonggarkan kebijakan Covid-19 paling parah sejak minggu lalu. Masyarakat mulai khawatir dengan memborong obat-obatan ibuprofen, flu hingga tes Covid-19.

Produk untuk pengobatan rumahan sekarang sebagian besar tidak tersedia secara online, termasuk lemon dan buah persik kalengan yang kaya vitamin C, dan air elektrolisis. Penimbunan telah menjadi masalah global yang umum, tetapi ini mungkin contoh pertama setelah lockdown China dilonggarkan.

Tetapi sekarang negara itu telah melonggarkan aturan lacak Covid-19, dan telah memungkinkan orang untuk mengisolasi diri di rumah dan menguji sendiri virusnya. Masyarakat kemudian panik membeli obat-obatan untuk mengantisipasi gelombang musim dingin.

Baca Juga: China Gencar Berburu Minyak, Harga Minyak Dunia Bisa Balik USD100 per Barel

Pemerintah daerah telah didesak untuk meningkatkan pelayanan ICU dan membuka klinik demam pada akhir bulan lalu sebagai persiapan menghadapi gelombang infeksi. Telah banyak tanda-tanda bahwa sistem kesehatan dengan cepat kewalahan. Melansir BBC, banyak video telah beredar minggu ini tentang pasien yang dipasangi infus dari mobil mereka karena klinik penuh. China Daily melaporkan bagaimana terjadi ledakan permintaanuntuk obat pereda nyeri, vitamin, dan obat flu.

Sejumlah gerai telah membagikan foto lorong apotek yang kosong, dan media telah memuat cerita sepanjang minggu tentang bagaimana lini produksi perusahaan farmasi kewalahan menghadapi lonjakan permintaan. Surat kabar China Daily mencatat bahwa panic buying marak terjadi sehingga pemerintah di kota Guangzhou melakukan pembatasan pembelian.

"Tidak perlu menimbunnya dalam jumlah besar," katanya dalam sebuah pernyataan. Guangzhou adalah kota yang mengalami jumlah kasus virus tertinggi dalam beberapa pekan terakhir.

Minggu lalu, Global Times juga mengamati bahwa omzet alat deteksi Covid-19 telah meningkat lebih dari 300% sejalan dengan kebijakan baru China yang melonggarkan Covid. Dikatakan bahwa alat tes Covid-19 dengan cepat kehabisan stok di platform terkemuka seperti JD Health.

Tak hanya itu, minuman jenis lemon juga telah terjual habis di beberapa platform perbelanjaan.
China Daily mengamati tren serupa dengan buah persik kalengan. Tercatat bahwa karena produknya kaya akan vitamin C dan memiliki umur simpan yang lebih lama, mereka telah menjadi produk yang didambakan baik secara online maupun offline.

"Di beberapa platform belanja online, permintaan buah persik kuning kalengan meningkat sangat tajam sehingga sering diberi label stok habis," kata surat kabar tersebut. Sina News mengatakan bahwarumor telah menyebar secara onlinebahwa mereka dapat meredakan gejala Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)