Ekonomi Argentina Bisa Terkerek 0,25% jika Menang Lawan Prancis di Piala Dunia 2022

Minggu, 18 Desember 2022 - 16:16 WIB
loading...
A A A


Dia menambahkan, jika Prancis yang memenangkan Piala Dunia, dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi negaranya juga tetap ada namun tidak terlalu signifikan.

“Mungkin akan ada sedikit efek yang jelas bagi Prancis karena dia adalah pemenang petahana, sehingga tidak terlalu mengejutkan," tukasnya.

Seperti halnya mayoritas negara di dunia, perekonomian Prancis saat ini sedang tidak menggembirakan. Negara asal bintang sepakbola Kylian Mbappe ini tengah berjibaku dengan krisis energi hingga gelombang pemogokan.

Kondisi yang tak baik-baik saja juga melanda Argentina dengan angka inflasi mendekati 100%. Negara yang dibela Lionel Messi itu juga tengah mengalami kekeringan sehingga ekspor komoditas hasil tanaman pun diproyeksikan terpangkas pada tahun depan.



Menurut Mello, sejarah menunjukkan bahwa masalah ekonomi yang sudah ada sebelumnya di suatu negara dapat membatasi keuntungan apapun yang datang dari kemenangan Piala Dunia.

Dia menyebut Spanyol merupakan negara yang tidak mendapatkan banyak keuntungan dari memenangkan Piala Dunia 2010 lantaran saat itu negara Matador tengah dilanda krisis utang.

“Krisis biaya hidup dan potensi resesi yang mendekat saat ini dapat menutupi efek akhir dari memenangkan Piala Dunia,” tukas Mello.

Lebih lanjut, Mello juga menganalisis aspek lainnya yang berbeda dari ajang Piala Dunia tahun ini, yaitu diadakan pada musim dingin di belahan bumi utara. Hal ini tidak seperti yang lalu, sehingga dapat mengubah dampak ekonomi dari negara pemenangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)