Penghematan, BKPM Berencana Bikin Rapat Online Kementerian

Rabu, 30 Januari 2019 - 14:18 WIB
Penghematan, BKPM Berencana Bikin Rapat Online Kementerian
Penghematan, BKPM Berencana Bikin Rapat Online Kementerian
A A A
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sedang menyiapkan platform rapat antar kementerian secara online. Caranya dengan membuat video conference ketika acara berlangsung.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, melalui rapat online maka pegawai kementerian bisa berhemat waktu dan tenaga. Tidak perlu susah payah lagi dalam perjalanan menuju lokasi acara.

"Ada bonus untuk semua pihak dengan video conference. Video conference mengubah pejabat yang banyak habiskan waktu dalam rapat dan banyak waktu lagi dalam perjalanan menuju dan pulang dari rapat," ujarnya di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Thomas menjelaskan, waktu yang tidak dibuang-buang tersebut menjadi luar biasa. Disamping itu juga pegawai berhemat biaya dengan hanya menggunakan internet. "Rapat geser dari perkumpulan fisik ke pertemuan online, saya kira ratusan ribu jam, puluhan ribu hari dihemat. Secara umum itu sudah gratis atau super murah," katanya.

Sebagai contoh, Ia menambahkan, rapat yang bersifat nasional butuh melalui video conference karena tersebar di berbagai daerah. Sehingga, bisa disatukan dalam sebuah video. "Sebagai contoh untuk OSS, ciptakan satgas nasional sekitar 60% satgas nasional ada di setiap daerah. Pemda pimpin satgas nasional," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5737 seconds (0.1#10.140)