Calon pembeli LNG wajib berinvestasi

Kamis, 12 Juli 2012 - 15:19 WIB
Calon pembeli LNG wajib berinvestasi
Calon pembeli LNG wajib berinvestasi
A A A
Sindonews.com - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) meminta kepada pembeli (Liquefied Natural Gas/LNG) dari Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan agar berinvestasi di Tanah Air.

Kepala BP Migas R Priyono mengatakan, LNG saat ini sudah menjadi komoditas penting bagi ekonomi bangsa. Maka dari itu ia merancang strategi baru dalam pemanfaatan LNG, terutama untuk pasar ekspor. “Kami ingin yang beli LNG berinvestasi di Indonesia,” tutur dia, dalam konferensi Pers “The LNG Forum”, di Laguna Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (12/7/2012).

Dia berharap pembeli khususnya dari negara Jepang, Korea Selatan dan Taiwan dapat memahami keinginan BP Migas dan Pemerintah Indonesia untuk menaikkan nilai tambah dari penjualan LNG. Untuk memuluskan rencana ini, pemerintah bersama tim dari BP Migas sedang melakukan negosiasi lanjutan dengan pembeli LNG yang berada di Jepang.

“Sejauh ini, industri yang membeli LNG dari Indonesia yang ada Jepang, tidak keberatan dengan usulan BP Migas tersebut,” kata dia. Kendati demikian, masih ada pihak seperti Korea Selatan, belum menyatakan kesediaannya untuk berinvestasi di Indonesia. Namun, imbuhnya, dalam kegiatan jual beli merupakan hal yang wajar. “Kami optimis yakin kedepan merka akan mau,” kata dia.

Menurut dia, persyaratan yang diajukan oleh BP Migas tersebut cukup masuk diakal, karena para pembeli LNG sangat bergantung dengan Indonesia sehingga pihaknya menawarkan gas alam cair yang akan dihasilkan dari sejumlah proyek gas di Tanah Air kepada para calon pembeli LNG dari sejumlah Negara khususnya Taiwan, Korea, dan Jepang. BP Migas, lanjutnya, dapat memperoleh pembeli gas melalui kontrak jangka panjang untuk meningkatkan penerimaan negara dengan tetap memprioritaskan pemenuhan kebutuhan gas di dalam negeri.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4975 seconds (0.1#10.140)