Pemerintah Diharapkan Beri Stimulus UKM

Selasa, 20 Mei 2014 - 17:34 WIB
Pemerintah Diharapkan Beri Stimulus UKM
Pemerintah Diharapkan Beri Stimulus UKM
A A A
JAKARTA - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Srihartati mengatakan, pemerintah harus memperhatikan pengembangan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM), terutama masalah pendanaan.

Hal tersebut bertujuan agar sektor UKM dalam negeri dapat terus maju dan berkembang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sementara, langkah-langkah konkret yang harus dilakukan pemerintah untuk mendorong sektor UKM menjadi semakin berkelas, Salah satunya dengan pemberian kredit lunak kepada UKM.

"Pemberian kredit ini dapat dilakukan melalui peningkatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang utamanya ke sektor produktif seperti industri kecil dan mikro serta sektor pertanian yang harus ditingkatkan," jelasnya di Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Ironisnya, kata dia, target penyaluran KUR hingga Maret 2014 masih di bawah 25 persen. Dari sekitar Rp37 triliun baru terserap Rp8,6 triliun. Sementara, untuk dominasi kredit KUR sendiri saat ini adalah sektor perdagangan, yaitu mencapai Rp82,3 triliun dengan jumlah debitur UKM sebesar 6,9 juta debitur.

"Selain itu, untuk sektor pertanian, saat ini baru mendapat alokasi dana sebesar Rp25,2 triliun dengan jumlah debitur mencapai 1,65 debitur," ungkap Enny.

Padahal, seperti yang telah diketahui, sektor pertanian merupakan salah satu sektor penyerap tenaga kerja yang seharusnya diberikan porsi lebih besar daripada sektor perdagangan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4899 seconds (0.1#10.140)