Dahlan: Merpati Ingin Tetap Hidup

Rabu, 11 Juni 2014 - 11:04 WIB
Dahlan: Merpati Ingin Tetap Hidup
Dahlan: Merpati Ingin Tetap Hidup
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) ingin tetap hidup. Oleh sebab itu ia berkeinginan untuk merestrukturisasi MNA dengan mengajukan konsep anak perusahan.

"Saya punya konsep Merpati bikin anak usaha, nah anak perusahaan ini bersih dan enggak punya utang," ujar dia di Gedung Kemenko, Jakarta, baru-baru ini.

Namun konsep yang diajukannya ini cukup menuai kendala. Pasalnya, Merpati dinilai sudah tidak dipercaya akibat utangnya yang sudah mencapai Rp6,7 triliun.

"Satu perusahaan yang utangnya Rp6,7 triliun itu mau kerja sama dengan siapapun itu tidak bisa dipercaya. Tidak ada yang mau," tambah dia.

Dia menjelaskan, jika konsep ini terealisasi, rencananya anak usaha ini akan kerja sama dengan pihak lain yang ingin mendatangkan pesawat. Manajemen ini, lanjutnya, telah diajukan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) namun hingga kini izin tidak kunjung turun.

Kendati banyak yang tidak yakin akan konsepnya ini, namun Dahlan percaya akan konsep ini akan berjalan. Karena pihaknya punya pengalaman dua problem yang mirip dengan kasus Merpati.

"Satu PT PANN (persero) itu utangnya triliunan, enggak bisa bayar kemudian bikin anak usaha yang bekerja sama dengan pihak lain sekarang sudah menjadi lebih besar dari indukan bahkan sudah menyelesaikan utang induknya," terangnya.

Pengalaman kedua, sambung Dahlan, ada di PT Reasuransi. Perusahaan ini utangnya banyak, namun kemudian dibentuk konsep anak usaha, dan sekarang sudah besar melebihi induknya.

"Saya ingin ulangi seperti itu, tetapi harus dapat izin dari Kementerian Perhubungan. Merpati ingin tetap hidup dan konsepnya seperti itu," tukas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)