Perkuat SDM Sektor Logistik melalui Sertifikasi Profesi

Jum'at, 10 Februari 2023 - 10:32 WIB
“Kami selalu menegaskan kepada LSP harus menjaga jaminan mutu. Agar jaminan mutu dapat dipastikan maka pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja harus bersifat konsisten. Jadi walaupun dilakukan di Jakarta, di Surabaya, di Medan dan lain-lain harus sama standarnya. Dan konsisten, walaupun juga dilakukan oleh asesor yang berbeda,” ujar Bonardo.

Ia menjelaskan, dengan hadirnya LSP EMI yang telah berlisensi BNSP tentu dapat memberikan kontribusi positif dalam memastikan dan memelihara kompetensi SDM di bidang multimoda.

“Untuk menuju kebangkitan perekonomian nasional dan hari ini ditandai dengan penyerahan sertifikat kompetisi perdana LSP EMI,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penjaminan Mutu Pembelajaran dan Sertifikasi Pusdiklat Bea dan Cukai, Maryanto mengatakan, pihaknya siap mendukung agar kompetensi pelaku usaha di bidang kepabeanan semakin baik dan semakin bagus.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada LSP EMI yang turut meningkatkan kompetensi SDM di Indonesia. Terutama SDM di bidang logistik. Semoga dapat terus berkontribusi lebih banyak untuk menciptakan tenaga kerja yang cakap di Indonesia dan bagi penerima sertifikat kami ucapkan selamat. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan selamat berkarya dan meningkatkan kinerja logistik di Indonesia,” ujarnya.



Sedangkan, Kepala Bidang Kelembagaan Logistik Nasional, Kemenko Perekonomian, Ridky Irfan Wirautama mengatakan, pengembangan SDM logistik menjadi sangat penting. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya di antaranya dengan dua pendekatan. Diantaranya dengan pendidikan formal seperti vokasi. Selanjutnya pengembangan jalur profesi.

“Kami mengucapkan apresiasi kepada LSP EMI yang telah mengambil langkah konkrit dalam membantu pemerintah meningkatkan kualitas SDM, khususnya SDM logistik. Kami berharap LSP EMI terus berpartisipasi dalam mengembangkan SDM logistik. Sehingga kedepan LSP EMI mampu mencetak insan logistik yang memiliki kapasitas mumpuni. Sehingga Indonesia berdaya saing dengan negara lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Nahduddin mengapresiasi kerja sama yang dilakukan LSP EMI dengan STTD. “Kami berharap dapat berjalan lancar dan maksimal. Kemudian enam bulan setelah ini, terdapat tindak lanjut kegiatan secara nyata guna peningkatan kompetensi SDM secara nyata,” pungkasnya.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More