10 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Paling Ekstrem di Dunia

Rabu, 06 Maret 2024 - 13:36 WIB
Eswatini, negara berpenghasilan menengah ke bawah di Afrika Selatan menghadapi tantangan ekonomi karena tingkat ketimpangan pendapatan yang tinggi dan lonjakan angka pengangguran. Kontrol monarki atas sektor-sektor utama membatasi peluang bagi perusahaan swasta. Negara ini juga memiliki masalah besar dengan HIV dan TB, yang menambah beban pada sumber daya perawatan kesehatan.

7. Guatemala



Tingkat kemiskinan: 59,30%

Tingkat kemiskinan Guatemala yang tinggi sebesar 59,30% menciptakan banyak masalah bagi penduduknya seperti kekurangan gizi. Perubahan iklim semakin menekan masalah ini yang mempengaruhi sektor pertanian dan berdampak pada ketahanan pangan. Saat ini lebih dari sepertiga populasi di Guatemala menghadapi kerawanan pangan.

6. Kongo



Tingkat kemiskinan: 63,90%

Kemiskinan di Republik Demokratik Kongo berasal dari sejarah panjang konflik politik dan korupsi. Hal ini menyebabkan negara tersebut menghadapi krisis pangan serta tingkat pendidikan yang rendah. Konflik antara kelompok-kelompok bersenjata telah menyebabkan lebih dari 6,1 juta orang mengungsi di Kongo.

5. Burundi

Tingkat kemiskinan: 64,90%

Terletak di Afrika timur, Burundi adalah negara pegunungan dengan populasi lebih dari 13,4 juta orang. Meskipun negara ini memiliki tingkat pengangguran hanya 1%, namun negara ini menempati urutan ke-5 dalam daftar dengan tingkat kemiskinan mencapai 64,90%.

Situasi kemanusiaan di Burundi sangat parah, terutama karena pandemi COVID-19, inflasi, dan efek perang Rusia-Ukraina ikut dirasakan Burundi dengan kekurangan bahan bakar. Saat semua digabungkan, negara ini mengalami lonjakan harga makanan pokok dan barang-barang, mengakibatkan tingkat kemiskinan yang tinggi.

4. Republik Afrika Tengah



Tingkat kemiskinan: 68,80%

Republik Afrika Tengah adalah negara dengan tingkat kemiskinan 68,80%. Menurut IPC, sekitar 33% atau 2 juta orang di negara ini menghadapi tingkat kerawanan pangan akut yang tinggi antara September 2023 dan Maret 2024. Selain itu, konflik perang saudara di Republik Afrika Tengah telah membuat banyak orang mengungsi dan terjebak di negara yang terkurung daratan tersebut.

3. Madagaskar



Tingkat kemiskinan: 70,70%

Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia, dengan populasi lebih dari 30 juta orang dan tingkat kemiskinan 70,70%. Menurut laporan UNICEF, sekitar 2,3 juta orang di Madagaskar membutuhkan bantuan kemanusiaan pada tahun 2024 karena kekeringan berkepanjangan, banjir yang berulang, topan, dan epidemi.

2. Guinea



Tingkat kemiskinan: 76,80%

Negara Afrika Tengah lainnya, Guinea berada di urutan kedua dalam daftar negara dengan tingkat kemiskinan paling ekstrem di angka 76,80%. Meskipun merupakan negara penghasil minyak, ekonomi Guinea masih tertekan dan diproyeksikan mengalami resesi selama tiga tahun ke depan, menurut IMF.

1. Sudan Selatan



Tingkat kemiskinan: 82,30%

Sudan Selatan adalah negara yang terkurung daratan di Afrika Tengah bagian timur dengan tingkat kemiskinan 82,30%. Setelah berada dalam konflik selama enam tahun, Sudan Selatan telah menjadi salah satu negara paling rawan pangan di dunia, di samping menjadi negara dengan tingkat kemiskinan tertinggi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More