Arab Saudi Gabung dengan BRICS, Apa yang Lantas Terjadi?

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:36 WIB
Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia Arab ini menandatangani kesepakatan perdagangan untuk memperkuat hubungannya dengan negara-negara di sekitarnya. Negara ini sedang berupaya untuk menandatangani 26 perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif karena ingin menarik lebih banyak investasi dan mendiversifikasi ekonominya.

"Citra negara-negara Brics di masa lalu adalah kelompok yang rentan secara finansial, yang terikat pada negara-negara adidaya politik global. Kekuatan finansial Saudi dan UEA sebagai eksportir neto modal ke seluruh dunia akan secara substansial mengubah persepsi tersebut," ujar Gary Dugan, kepala investasi di Dalma Capital.

"Juga sebagai sebuah kelompok, kami berharap Arab Saudi dan UEA akan mendapatkan akses yang lebih mudah ke pasar-pasar yang sedang bertumbuh di negara-negara Brics dengan persyaratan yang menguntungkan."

"Penambahan dua eksportir minyak utama ke dalam kelompok ini akan memperkuat daya tawar dan pengaruh mereka di OPEC+ sekaligus menawarkan ruang bagi mereka untuk menyelaraskan strategi mereka dengan anggota Brics lainnya," kata Ehsan Khoman, kepala riset ESG, komoditas dan pasar negara berkembang di MUFG.

OPEC+, yang telah memainkan peran penting dalam menyeimbangkan pasar minyak, mencakup beberapa produsen minyak mentah terbesar di dunia termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Rusia.



China dan India, dua anggota utama BRICS, adalah konsumen minyak terbesar kedua dan ketiga di dunia dengan hubungan energi yang kuat dengan negara-negara Teluk. Lebih banyak perdagangan bilateral dalam mata uang lokal juga diharapkan seiring dengan bergabungnya negara-negara baru ke dalam kelompok ini.

"Implikasi yang kami amati dengan seksama dari bergabungnya Arab Saudi, UEA dan Mesir ke dalam Brics adalah potensi untuk lebih banyak perdagangan bilateral dalam mata uang lokal, terutama setelah kesepakatan UEA dan India yang dicapai pada bulan Juli, dan Mesir yang telah melakukan diskusi yang sama dengan India," kata Carla Slim, seorang ekonom di Standard Chartered Bank.

Tahun lalu, UEA dan India menandatangani perjanjian untuk membuat kerangka kerja untuk mempromosikan penggunaan mata uang lokal dalam transaksi lintas batas dan meningkatkan kerja sama dalam mengaitkan sistem pembayaran dan pengiriman pesan mereka.

Tatanan Dunia Baru
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More