Menakar Efek Sanksi Keuangan Barat terhadap Perbankan Rusia

Selasa, 03 September 2024 - 13:35 WIB
Otoritas Pasar Keuangan Austria (FMA) memerintahkan penutupan Sberbank Eropa pada 2022 dan memulai proses likuiditas, menyusul keputusan ECB. Lisensi untuk anak perusahaan Sberbank Eropa di Hongaria, Sberbank Magyarország, juga dicabut dengan alasan masalah likuiditas.

Namun, anak perusahaan Kroasia Sberbank Eropa dijual ke Hrvatska Poštanska Banka d.d. (Bank Pos Kroasia) dan anak perusahaan Slovenia dijual ke Nova ljubljanska banka d.d. (NLB d.d.) pada tanggal 1 Maret yang memungkinkan bank untuk beroperasi secara normal.

AS mengumumkan sanksi pemblokiran penuh terhadap Sberbank pada April 2022. Sanksi tersebut berlaku untuk 42 anak perusahaan bank dan membekukan aset apa pun yang berinteraksi dengan sistem keuangan AS.

2. VTB Bank



VTB adalah lembaga keuangan terbesar kedua di Rusia yang memegang 20% aset perbankan di negara tersebut. Perusahaan ini mayoritas dimiliki oleh Federasi Rusia dan mengoperasikan 20 anak perusahaan secara global.

VTB sangat terpapar AS dan sistem keuangan barat dan memainkan peran penting dalam sistem keuangan Rusia. AS memberlakukan sanksi pemblokiran penuh pada bank dan membekukan semua asetnya yang disimpan di lembaga keuangan AS dan membuatnya tidak dapat diakses oleh Rusia.

Inggris juga membekukan semua aset bank di negara itu. Selain itu, ia mengeluarkan lisensi umum untuk mengakhiri transaksi yang melibatkan bank dan anak perusahaannya. Lisensi tersebut memungkinkan lembaga keuangan di Inggris untuk melakukan aktivitas yang memungkinkan penghentian transaksi.

AS dan Inggris telah mencegah bank dan anak perusahaannya melakukan bisnis di negara mereka. VTB menyatakan bahwa sanksi juga akan membatasi penggunaan kartunya di luar Rusia dan mendesak pelanggan untuk menarik dana atau melakukan pembayaran melalui bank lain.

Pada tanggal 1 Maret 2022, Bursa Efek London menangguhkan perdagangan dua kwitansi penyimpanan global (GDR) VTB. Lengan perdagangan bank VTB Capital juga ditangguhkan oleh bursa pada 25 Februari 2022.

Pada 15 Maret 2022, VTB mengumumkan keputusannya untuk menutup cabang perbankan investasinya VTB Capital, yang berkantor pusat di London, Inggris, karena dampak dari sanksi Barat. VTB Capital saat ini sedang melakukan penutupan operasionalnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More