Sang Pewaris Berharta Rp1.384 T, Alice Walton Menyandang Gelar Wanita Terkaya Amerika

Senin, 14 Oktober 2024 - 07:05 WIB
Anak bungsu dari empat bersaudara Sam Walton, Alice Walton berusia 12 tahun ketika ayahnya membuka toko Walmart pertama di Rogers, Arkansas pada tahun 1962. Dia bekerja sebentar di toko ritel keluarga setelah lulus dari Universitas Trinity di Texas pada 1971, sebelum mengambil pekerjaan di New Orleans sebagai pialang saham untuk EF Hutton.

Walton kembali ke Bentonville selama tahun 1980-an untuk menjalankan operasional investasi di Arvest Bank keluarganya, sebelum meluncurkan pialangnya sendiri bernama Llama dengan uang keluarga senilai USD19,5 juta. Ketika Llama ditutup pada tahun 1998, Walton pindah kembali ke Texas dan mengalihkan fokusnya sebagai kurasi seni.

Ia mengepalai Museum Seni Amerika Crystal Bridges di Bentonville selama satu dekade, sebelum menyerahkan kendali kepada istri keponakannya Tom Walton, Olivia Walton, pada tahun 2021. Alice kemudian mendirikan museum, yang terletak di atas lahan seluas 120 hektare dan menampilkan karya-karya dari seniman seperti Andy Warhol dan Georgia O'Keeffe, setelah menyadari tidak ada yang seperti itu dalam jarak 300 mil dari kampung halaman keluarganya.

Selama satu dekade terakhir, Alice Walton semakin gencar dalam kegiatannya sebagai filantropi. Ia menyumbangkan lebih dari USD5,7 miliar ke lima yayasan amal keluarga yang telah membagikan lebih dari USD1,1 miliar dananya hingga saat ini.

Semua itu termasuk sekitar USD380 juta yang diberikan melalui Walton Family Foundation (yang didirikan orang tuanya pada ulang tahun ke-25 Walmart pada tahun 1987) kepada organisasi yang fokus pada reformasi pendidikan, lingkungan, dan wilayah di sekitar Bentonville.

Ditambah juga mencakup lebih dari USD375 juta yang telah dihabiskan oleh Alice's Art Bridges Foundation untuk mengakuisisi dan meminjamkan karya seni Amerika ke lebih dari 230 museum di seluruh negeri -termasuk Institut Seni Chicago, MoMA di New York City, dan Galeri Potret Nasional Smithsonian di Washington, D.C.- sejak didirikan pada tahun 2016.



Walton juga mencari akreditasi untuk Fakultas Kedokteran Alice L. Walton di Bentonville. "Selama beberapa tahun terakhir, saya telah mendirikan organisasi baru yang fokus pada seni serta kesehatan dan kesejahteraan," kata Walton dalam siaran pers yang mengumumkan pengunduran dirinya sebagai chairman museum Crystal Bridges pada tahun 2021.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More