Pertamina, Pupuk Kujang, dan ITB Dirikan Perusahaan Kimia

Kamis, 31 Desember 2020 - 15:27 WIB
Direktur Utama PT Rekacipta Inovasi ITB Alam Indrawan mengatakan, pembentukan perusahaan Katalis Merah Putih merupakan tonggak sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, hasil penelitian dihargai sebagai hak kekayaan intelektual, sehingga bisa berdirinya sebuah perusahaan.

Menurut dia, Katalis Merah Putih merupakan satu-satunya di dunia, yang bisa memproduksi bahan bakar dari sawit. Hasil petani sawit nantinya bisa tersalurkan dalam produksi bahan bakar untuk kendaraan. "Berdirinya pabrik ini semoga bisa membawa manfaat yang lebih banyak lagi bagi masyarakat,” imbuh Alam. ( Baca juga:Ternyata Gisel yang Undang MYD ke Hotel di Medan )

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Maryadi menegaskan, berdirinya pabrik Katalis Merah Putih akan menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia mampu menciptakan katalis sendiri tanpa tergantung negara lain. Dia berharap pabrik Katalis Merah Putih dapat memberikan multiplier effect bagi industri nasional di tengah hantaman berat akibat pandemi Covid-19.

"Pembentukan pabrik katalis ini merupakan torehan sejarah dan dapat menjadi role model bisnis yang menyinergikan antara lembaga riset, dunia usaha serta pemerintah. Berdasarkan Perpres No. 109 Tahun 2020, proyek katalis ini dikategorikan sebagai proyek strategis nasional," tandasnya.
(uka)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More