Ini Faktor-faktor Penyebab Ketimpangan Sosial di Masyarakat

Rabu, 02 Maret 2022 - 15:29 WIB
Secara lebih terinci, faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial antara lain adalah kondisi demografi, kondisi pendidikan, kondisi ekonomi, kondisi kesehatan, kemiskinan, kurangnya lapangan pekerjaan, perbedaan status sosial masyarakat, dan letak geografis. Berikut penjelasannya:

1. Kondisi demografis

Kondisi demografis antara masyarakat satu dengan yang lain memiliki perbedaan. Perbedaan antara masyarakat satu dengan yang lain tersebut meliputi jumlah penduduk, komposisi penduduk, dan persebaran penduduk.

2. Kondisi pendidikan

Pendidikan merupakan sosial elevator, yakni kunci pembangunan terutama pembangunan sumber daya manusia. Pendidikan juga sebagai saluran mobilitas sosial vertikal yang efektif yang dibutuhkan masyarakat luas.

Terdapat perbedaan menonjol terkait pendidikan yang ada di daerah dan kota, seperti: Anak-anak yang berada di daerah terpencil memiliki semangat belajar tinggi namun tidak ditunjang dengan fasilitas uang memadai. Sedangkan anak yang tinggal di kota dengan fasilitas pendidikan yang memadai, sebagian besar terpengaruh oleh lingkungan sosial yang kurang baik sehingga memiliki semangat belajar yang kurang.

Perbedaan ini menyebabkan ketimpangan sosial. Ketimpangan sosial tersebut dapat dilihat dari fasilitas, kualitas tenaga kerja, mutu pendidikan.

3. Kondisi ekonomi

Penyebab utama munculnya ketimpangan sosial sering dikaitkan dengan faktor ekonomi.

Pembangunan ekonomi yang tidak merata yang disebabkan karena perbedaan antara wilayah yang satu dengan yang lainnya akan memicu ketimpangan sosial.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More