Wawancara Dubes RI untuk Inggris Raya, Dr Desra Percaya: Hubungan Ekonomi RI-Inggris Masuki Babak Baru 

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:51 WIB
Indonesia gencar melakukan promosi peluang investasi di London. Namun, bagaimana perkembangan hubungan investasi kedua negara saat ini?

Ya betul. Kami biasanya menyelenggarakan acara Indonesia Investment Forum di setiap tahun di London untuk menarik investor Inggris, termasuk selama pandemi Covid-19, kendati hybrid. Alhamdulillah acara ini juga berjalan sukses pada tahun lalu. Saya tentu berharap forum seperti ini akan digelar secara lebih besar.

Forum investasi ini telah menjadi pintu akses bagi investor Inggris untuk melihat peluang investasi yang tersedia di Indonesia. Mereka biasanya tertarik untuk memberikan pendanaan dan teknologi di sektor transisi energi untuk menyambut ekonomi berkelanjutan. Saya juga bertekad untuk menaikkan posisi Indonesia.

Pembangunan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia juga akan kami masukkan dalam Indonesia Investment Forum berikutnya di London pada 27 Oktober tahun ini. Hal ini sesuai dengan instruksi pemerintah pusat untuk menjual konsep IKN di luar negeri. Beberapa pejabat dijadwalkan hadir, termasuk para pelaku bisnis.

Namun, di tengah minat investasi yang tinggi, tidak semua pihak di Indonesia siap untuk memberikan dukungan yang memadai. Tantangan terbesarnya ialah logistik, informasi, dan adanya perubahan kebijakan dari pemimpin proyek. Saya melihat peluang bagi Indonesia untuk bersinergi dan bekerja sama amat besar.

(Baca juga:Dubes Inggris Berharap Perwakilan Indonesia Menangi Hadiah Earthshot)

Sesuai data, hubungan investasi kedua negara mengalami kenaikkan pada 2021. Hal ini merupakan tanda bagus mengingat Inggris baru keluar dari Uni Eropa (UE). Saat ini, kami intens melakukan komunikasi untuk mendapatkan aturan main yang lebih detail, adil, dan kompetitif sehingga memperoleh tarif yang terbaik.

Selain promosi kepada para investor Inggris, kami juga gencar melakukan presentasi kepada para pemangku kepentingan di Indonesia. Kami aktif memberitahukan mood dan tren konsumen yang sedang berlangsung di Inggris. Saat ini, Inggris sedang ramai mengonsumsi produk hijau, berkelanjutan, dan inklusif.

Di London, kita memiliki Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank BNI, dan perusahaan swasta lainnya. Mereka menjadi gerbang utama bagi para investor Inggris yang ingin menanamkan modal di Indonesia. Perbankan sangat cocok di London mengingat London merupakan kota pusat keuangan terbaik di dunia setelah New York.

Setelah ekonomi kembali bangkit pascapandemi Covid-19, sektor perdagangan apa yang akan menjadi motor penggerak ekonomi Tanah Air?
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More