5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya

Senin, 29 Mei 2023 - 19:44 WIB
loading...
A A A
Nama mata uang Sri Lanka awalnya bukanlah Rupee. Hal ini terkait dengan kebijakan yang terjadi pada tahun 1925, dimana Poundsterling milik Inggris sempat menjadi mata uang resmi untuk Sri Lanka menggantikan RixDollar.

Pada tahun 1869, Ceylon (sebagaimana Sri Lanka disebut pada saat itu), menetapkan rupee sebagai alat pembayaran yang sah. INR menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah untuk pulau itu tiga tahun kemudian. Negara ini secara resmi memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948 dan mendirikan Bank Sentral Ceylon dua tahun kemudian

5. Rufiyaa Maladewa (MVR)

Nama mata uang yang hampir mirip selanjutnya adalah Rufiyaa Maladewa (MVR) yang menjadi mata uang nasional Republik Maladewa. Rufiyaa terdiri dari 100 subunit, disebut laari, dan diwakili oleh simbol mata uang Rf. Nama rufiyaa berasal dari bahasa Hindi Sansekerta kata rupya, yang berarti "perak."

5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya


Rufiyaa modern diperkenalkan pada tahun 1947, ketika menggantikan rupee Sri Lanka. Setelah sempat sekian lama menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran, maka baru pada tahun 1947 Maladewa mencetak uang kertas perdananya dengan nama Rufiyaa Maladewa (MVR).
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)