10 Negara yang Gagal Bayar Utang, Nomor 3 Bawa-bawa China

Rabu, 31 Mei 2023 - 14:38 WIB
loading...
A A A
8. Tunisia
Tunisia menderita krisis keuangan terburuk yang menyebabkan kekurangan bahan makanan pokok dan mencari pinjaman IMF USD1,9 miliar sebagai imbalan atas reformasi yang tidak populer, termasuk memotong subsidi makanan dan energi. IMF kemudian menangguhkan program pinjaman Tunisia yang dijadwalkan pada 19 Desember karena penundaan reformasi.

9. Malawi
Malawi telah mengalami kekurangan devisa yang parah dalam beberapa bulan terakhir dan berusaha merestrukturisasi utangnya untuk mendapatkan lebih banyak dana dari IMF, lembaga yang menyetujui dana darurat untuk negara yang bergantung pada donor itu pada November.



10. El Savador
El Salvador menyelesaikan rintangan pembayaran obligasi USD600 juta pada Januari kemarin. Tetapi kekhawatiran atas sumber pembiayaan dan kebijakan fiskalnya serta meningkatnya defisit neraca berjalan telah membuat obligasi El Savador tenggelam ke dalam wilayah yang sangat tertekan. Langkah negara Amerika Tengah untuk membuat tender legal bitcoin pada September 2021 secara efektif menutup pintu bagi potensi pembiayaan IMF.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)