Milenial Perlu Tahu, Ini 9 Tips Beli Rumah dengan Gaji UMR

Jum'at, 30 Juni 2023 - 23:17 WIB
loading...
A A A
7. Hindari Berutang
Sebisa mungkin hindari berutang. Selain menambah beban tagihan tiap bulannya, utang juga akan memperkecil jumlah tabungan yang harus Anda setorkan untuk beli rumah.

Sebelum mengajukan KPR, sangat disarankan untuk melunasi setiap utang yang Anda miliki agar pendapatan bisa fokus untuk membayar tagihan KPR.

8. Mulailah Berinvestasi
Dengan menabung saja, Anda tidak cukup mempersiapkan DP rumah atau membayar cicilan. Alangkah baiknya jika Anda menambah penghasilan dengan berinvestasi.

Dengan demikian, uang yang disimpan tidak hanya mengendap dan termakan inflasi, tapi memiliki return alias keuntungan.

Ada banyak pilihan investasi. Salah satunya reksa dana yang memberi kesempatan bagi uang untuk menumbuhkan nilainya. Produk yangsatu ini dapat membantu Anda mempertahankan nilai uang di tengah tingkat inflasi yang tinggi.

Dengan begitu, target menabung jadi lebih cepat terpenuhi karena bunga dari keuntungan reksa dana terus bertumbuh dari waktu ke waktu.



9. Konsisten dan Sabar
Konsistensi dan kesabaran perlu diterapkan oleh Anda yang tengah berikhtiar untuk mendapatkan rumah. Konsisten artinya Anda bisa terus-menerus menabung tanpa lolos satu periode pun. Jika periodenya bulanan, maka menabunglah sebulan sekali.

Kalau mingguan, menabunglah tiap hari Minggu. Tidak penting berapa banyaknya tapi selama itu dilakukan secara terus menerus maka mendapatkan target tabungan untuk beli rumah bukan jadi impian lagi.

Namun, konsisten juga harus diimbangi dengan kesabaran. Mungkin saat ini Anda sudah setahun menabung dan belum ada hasil signifikan, bisa jadi ada yang belum maksimal dengan cara Anda menabung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)