38 Emiten Raup Rp58,76 Triliun dari Obligasi dan Sukuk Pekan Ini

Sabtu, 08 Juli 2023 - 15:00 WIB
loading...
38 Emiten Raup Rp58,76 Triliun dari Obligasi dan Sukuk Pekan Ini
BEI menerima pencatatan tujuh surat utang atau obligasi dan satu sukuk sepanjang pekan ini. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia ( BEI ) menerima pencatatan tujuh surat utang atau obligasi dan satu sukuk sepanjang pekan ini, tepatnya periode 3 sampai 7 Juli 2023.

Menyusul penerbitan ini, jumlah emisi Obligasi dan Sukuk yang telah tercatat sepanjang 2023 mencapai 48 emisi dari 38 emiten senilai Rp58,76 triliun, demikian mengutip data BEI, Sabtu (8/7/2023).



Kemudian Obligasi II KB Finansia Multi Finance Tahun 2023 resmi dicatatkan oleh PT KB Finansia Multi Finance di BEI dengan nilai nominal Rp1 triliun. PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) menetapkan peringkat AAA (idn) (Triple A) untuk obligasi ini dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini.

Selanjutnya pada Rabu (5/7), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menerbitkan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank Mandiri Tahap I Tahun 2023 dengan nilai Rp5 triliun.

Pefindo memberikan peringkat idAAA (Triple A) untuk obligasi tersebut. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini.

Memasuki hari Jumat (7/7) PT Global Mediacom Tbk (BMTR) menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Global Mediacom Tahap I Tahun 2023 dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan IV Global Mediacom Tahap I Tahun 2023.

Masing-masing nilai obligasi dan sukuk ini sebesar Rp850 miliar, dengan peringkat idA+ (Single A plus) untuk obligasi dan idA+(sy) (Single A plus syariah) untuk sukuk ini. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bertindak sebagai wali amanat emisi ini.

Tak berhenti sampai di situ, PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Trimegah Sekuritas Indonesia Tahap I Tahun 2023 yang resmi dicatatkan di BEI dalam 2 seri, yaitu Seri A (TRIM01ACN1) senilai Rp100 miliar, dan Seri B (TRIM01BCN1) sebanyak Rp308,8 miliar.



Pefindo memberikan peringkat idA (Single A) untuk obligasi ini. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk bertindak sebagai wali amanat. Selanjutnya masih pada hari yang sama, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menerbitkan Obligasi Subordinasi IV Bank BRI Tahun 2023 sebanyak Rp500 miliar.

Hasil pemeringkatan Pefindo untuk obligasi ini adalah idAA (Double A) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini. Terakhir, PT Astra Sedaya Finance yang menerbitkan Obligasi Berkelanjutan VI ASDF Tahap I Tahun 2023 yang resmi dicatatkan di BEI dengan nilai nominal sebesar Rp2,5 triliun. Hasil pemeringkatan dari Fitch untuk obligasi adalah AAA (idn) (Triple A). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)