Mengintip Sosok Buro Happold yang Terseret Polemik JIS: Proyek Global Pertamanya Ada di Arab Saudi

Minggu, 16 Juli 2023 - 11:30 WIB
loading...
Mengintip Sosok Buro Happold yang Terseret Polemik JIS: Proyek Global Pertamanya Ada di Arab Saudi
Buro Happold merupakan perusahaan global yang bergerak di bidang jasa desain, konsultansi, dan engineering. Foto/BuroHappold
A A A
JAKARTA - Buro Happold tengah menjadi sorotan publik. Gara-garanya, nama perusahaan global yang bergerak di bidang jasa desain, rekayasa, dan konsultansi itu ditarik-tarik dalam pra-kontra rencana renovasi Jakarta International Stadium ( JIS ) yang akan dijadikan salah satu venue pertandingan dalam Piala Dunia U-17.



Semua penilaian dan pandangan Buro Happold mengenai JIS kerap dijadikan pembenaran atau penolakan dalam melakukan renovasi stadion yang dibangun di masa Anies Baswedan menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta itu. Mengapa pandangan dan penilaian Buro Happold atas JIS begitu berpengaruh?

Seperti diketahui, Buro Happold merupakan perusahaan yang diminta oleh Jakarta Konsultindo (JakKon)--anak usaha PT Jakarta Propertindo, BUMD milik Pemprov Jakarta yang ditunjuk membangun JIS--guna memberikan pedoman desain stadion yang canggih untuk memberikan pengalaman megah bagi penonton di dalam stadion berkapasitas 82 ribu kursi. Terkait peran Buro Happold dalam pembangunan JIS dan penilaiannya terhadap penerapan jasanya, sudah diterangkan secara jelas pada laman perusahaan.

Pandangan dan penilain Buro Happold sangat penting lantaran perusahaan ini punya reputasi ciamik yang mendunia. Bukan cuma JIS yang melibatkan jasanya, tapi juga seabrek proyek besar dan berpengaruh di segala penjuru dunia yang terkait dengan fasilitas olahraga, perkotaan, lingkungan, pendidikan, hingga kesehatan.

"Kami adalah konsultan engineers, desainer, dan penasihat terintegrasi internasional. Selama lebih dari 45 tahun, kami telah membangun reputasi yang tak tertandingi dengan memberikan solusi kreatif yang berorientasi pada nilai untuk kepentingan orang, tempat, dan planet," tulis Buro Happold, dikutip dari laman perusahaan, Minggu (16/7/2023).

Untuk kategori stadion atau pusat olahraga yang pernah digarap Buro Happold di antaranya adalah Astana Arena di Kazakhstan yang berkapasitas 30.000 tempat duduk. Bramley -Moore Dock Stadium di Liverpool, Inggris yang berkapasitas 52.888 tempat duduk.

Selanjutnya Aviva Stadium di Dublin, Irlandia, dengan kapasitas 50.000 kursi penonton. London Olympic Stadium di London, Inggris, berkapasitas 80.000 tempat duduk. Masih ada Michelle and Barack Obama Sport Center di Amerika Serikat, dan yang Tottenham Hotspur Stadium di London, Inggris, berkapasitas 62.850 bangku.

Untuk kategori komersial, salah satu proyek yang digarap Buro Happold adalah Kompleks Dayabumi Tahap 3. Ini adalah proyek serbaguna termasuk ritel, kantor, dan fasilitas parkir di jantung kawasan bersejarah Kuala Lumpur, Malaysia. Proyek ini menyediakan ruang di atas tanah seluas 141.760m2 ditambah parkir di bawah tanah seluas 34.132m2.

Buro Happold juga berada di balik desain kanopi yang seperti payung untuk menaungi halaman Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Selanjutnya, proyek King Abdulaziz Center for World Culture (Arab Saudi), The Louvre Abu Dhabi (UEA), dan masih sangat banyak lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)