Kader JKN, Pejuang Keberlangsungan Jaminan Kesehatan Nasional

Rabu, 29 Juli 2020 - 19:24 WIB
loading...
A A A
Kader JKN lainnya berdomisili Kabupaten Gowa, Alimuddin Rewa, 46 tahun, mengaku jika menjadi kader JKN merupakan pekerjaan menyenangkan karena membantu orang.

Betapa tidak, program yang sangat membantu masyarakat khususnya yang memiliki biaya terbatas mengaskes layanan rumah sakit bisa memanfaatkannya, dengan nilai iuran yang terjangkau.

“Saya setiap turun sosialisasi selalu mengingatkan bahwa pentingnya menjaga keberlangsungan program ini, karena sangat bagus. Makanya, setiap turun saya tidak hanya mengingatkan peserta bayar iuran tepat waktu. Tapi juga menjelaskan manfaatnya saat didera sakit,” terangnya.

Tak hanya itu, hadirnya JKN-KIS khususnya program kader JKN membuka lapangan kerja baru. Untuk itu, pihaknya berharap semakin banyak yang direkrut agar seluruh informasi baik tentang program JKN-KIS dapat sampai merata ke seluruh masyarakat.

“Banyak yang enggan bayar iuran diawal-awal, malahan nanti sakit baru mau bayar. Tapi, setelah dijelaskan semangat gotong royongnya yang sehat membantu yang sakit. Alhamdulillah mereka sudah disiplin, meski di masa pandemi ini ada beberapa kendala,” tuturnya yang menangani peserta JKN-KIS di Desa Bontala, Kecamatan Pallanga, Kabupaten Gowa.

Terpisah, Jamaluddin mengaku beruntung bisa menjadi peserta JKN-KIS. Jika sebelumnya masuk dalam tanggungan perusahaan, kini sudah menjadi peserta mandiri kelas III.



Dia mengaku, besaran yang dibayarkan tidak sebanding dengan manfaat yang dirasakan.

“Sudah sejak 7 tahun menjadi peserta JKN-KIS manfaatnya sangat besar, dua anak saya yang sudah menjalani operasi alhamdulillah sudah sembuh. Biayanyapun ditanggung, meski saya hanya membayar iuran per bulan Rp25.500. Jika dibandingkan biaya rumah sakit pasti jauh lebih besar,”ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, Jamaluddin menyampaikan rasa terima kasih ke Kader JKN, Ratna, yang telah banyak membantu proses pengobatan anaknya hingga bisa sembuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)