Mengintip Suasana Upacara HUT ke-78 RI di Area Tambang Freeport

Kamis, 17 Agustus 2023 - 11:14 WIB
loading...
Mengintip Suasana Upacara HUT ke-78 RI di Area Tambang Freeport
Mengintip suasana upacara HUT ke-78 RI di area tambang Freeport. FOTO/Tangkapan Layar/Youtube/Freeport Indonesia
A A A
JAKARTA - Entitas Mining Industry Indonesia (MIND ID) PT Freeport Indonesia menggelar Upacara Peringatan HUT ke-78 RI. Acara bertempat di area Sporthall, Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada Kamis (17/8/2023).

Gerimis yang masih mengguyur disertai kabut tipis tak menyurutkan semangat para peserta. Diketahui, lokasi upacara berada di ketinggian sekitar 2.000 Mdpl.



Bertema 'Kita Satu Indonesia Maju', para peserta upacara terdiri dari karyawan dan karyawati PT Freeport Indonesia (PT FI). Sebagian peserta upacara yang memakai pakaian adat juga terlihat mengenakan jas hujan.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas menjadi Inspektur Upacara. Tony terpantau hadir memakai setelan jas lengkap berdasi dan berpeci.

Tony mengatakan kegiatan pertambangan PT FI berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Pada 2022, nilai manfaat langsung terhadap penerimaan negara sebesar USD3,6 miliar atau sekitar Rp55 triliun dalam bentuk pajak, royalti, dividen, serta pembayaran lainnya.

"Di mana di antaranya sekitar Rp8,7 triliun berupa manfaat langsung yang diterima Papua. HUT RI adalah momen bagi kita merayakan persatuan seluruh anak bangsa. Sebagai anak bangsa kita harus bergerak bersama dalam harmoni untuk terus membangun negeri," kata Tony dalam sambutannya, disaksikan dalam Youtube Freeport Indonesia.



Tony turut mengutip pesan Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan ke tambang PT FI pada tahun 2022. "Beliau berpesan kepada kita semua untuk menjaga dan menjalankan kegiatan pertambangan dengan sebaik mungkin mengingat dampak signfikan dari kegiatan operasional PT FI," paparnya.

Sebagai informasi, kegiatan upacara juga berlangsung di seluruh wilayah kerja PT FI. Selain di Tembagapura, semangat nasionalisme ini juga dirayakan di Kuala Kencana, Jayapura, Jakarta, dan Gresik. Nyanyian kebangsaan, hingga tarian tradisional mewarnai rangkaian kegiatan upacara yang turut disaksikan secara langsung oleh warga Papua
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)