Demi Puluhan Miliar Dolar dari Uni Eropa, Zelenskiy Tega Penjarakan Pengusaha yang Pernah Mendukungnya

Minggu, 03 September 2023 - 10:15 WIB
loading...
A A A
Sebelum invasi Rusia pada Februari 2022, Zelenskiy dan timnya mengesahkan undang-undang yang mewajibkan oligarki untuk mendaftar dan tidak terlibat dalam politik. Perang telah mengikis kekuatan oligarki karena aset-aset industri dihancurkan di timur dan selatan, dan saluran televisi mereka mengudara dengan sinyal terpusat.

Selama perang, Zelenskiy telah menekankan tindakan keras Ukraina terhadap korupsi ketika Kyiv telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Uni Eropa dan berharap mendapatkan puluhan miliar dolar untuk membantu membangun kembali negara tersebut setelah perang yang tidak akan berakhir.

Penahanan Kolomoisky bukanlah tindakan pertama yang melibatkan dirinya pada masa perang. November lalu, negara mengambil kendali atas saham-saham di perusahaan-perusahaan strategis besar, yang beberapa di antaranya terkait dengan pengusaha tersebut, dan menerapkan undang-undang masa perang untuk membantu upaya perang.

Kolomoisky adalah mantan pemilik bank terkemuka Ukraina, PrivatBank, yang dinasionalisasi pada akhir tahun 2016 sebagai bagian dari pembersihan sistem perbankan. Ia memiliki aset di sektor energi, perbankan, dan sektor lainnya, termasuk saluran televisi berpengaruh.



Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap Kolomoisky pada tahun 2021 karena keterlibatannya dalam korupsi yang signifika. Pihak berwenang AS juga menuduh Kolomoisky dan mitra bisnisnya mencuci dana curian melalui Amerika Serikat. Kolomoisky membantah melakukan semua itu.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6000 seconds (0.1#10.140)