Tangan Kanan Warren Buffett dan Legenda Investor, Charlie Munger Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

Rabu, 29 November 2023 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Buffett juga belajar pentingnya mengetahui lingkaran kompetensi seseorang dari Munger.

"Ben Graham mengajari saya cara untuk menghargai jenis bisnis tertentu. Charlie mengajari saya tentang keunggulan kompetitif yang tahan lama – bukan seberapa besar lingkaran kompetensi, tetapi mengetahui di mana ujungnya paling penting," kata Buffett pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway di tahun 2010.

Munger sering berbicara tentang pentingnya memahami "tepi" kompetensi seseorang - dengan kata lain, mengetahui apa yang tidak Anda ketahui.

"Yah itu hal yang sangat penting, mengetahui tepinya. Ini bukan kompetensi, jika Anda tidak tahu ujungnya. Anda tahu, jika Anda memiliki kesalahpahaman mengenai kompetensi Anda sendiri yang berarti Anda tidak memiliki kompetensi, Anda akan membuat kesalahan besar. Saya pikir Anda harus terus-menerus mengukur apa yang Anda capai terhadap orang lain yang berprestasi, dan Anda harus tetap bersikap rasional, dan menghindari banyak khayalan," kata Munger pada pertemuan Daily Journal 2019.

Dalam surat pemegang saham tahun 1985, Buffett mengatakan Munger "selalu menekankan studi tentang kesalahan daripada kesuksesan, baik dalam bisnis maupun aspek kehidupan lainnya."

Munger "melakukannya dengan semangat: 'Yang ingin saya ketahui adalah di mana saya akan mati sehingga saya tidak akan pernah pergi ke sana.' Anda akan segera melihat mengapa kami membuat tim yang baik:
Charlie suka mempelajari kesalahan dan saya telah menghasilkan banyak bahan untuknya, terutama dalam bisnis asuransi tekstil kami," tulis Buffett.

Untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam bisnis dan kehidupan, Munger sering menggunakan apa yang disebutnya "kisi-kisi" model mental.

"Saya pikir kehidupan yang dijalani dengan benar hanyalah belajar, belajar, belajar sepanjang waktu. Saya pikir Berkshire telah memperoleh keuntungan besar dari keputusan investasi ini dengan belajar untuk waktu yang lama," kata Munger pada pertemuan tahunan Berkshire 2017.

Di luar kesuksesan investasi, Buffett telah berulang kali mengatakan bahwa Munger menjadikannya "orang yang lebih baik."

"Orang-orang merasa ini sulit dipercaya, tetapi dalam 60 tahun, kami tidak pernah bertengkar. Kami tidak setuju tentang beberapa hal dan kami sesekali tidak setuju tentang ini atau itu, tetapi jika Anda mendefinisikan argumen di mana emosi mulai masuk ke dalamnya atau kemarahan atau semacamnya, itu tidak pernah terjadi," kata Buffett pada pertemuan tahunan 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)