Program Prakerja Tawarkan Ratusan Pelatihan Gratis, Yuks Cek!

Selasa, 05 Desember 2023 - 16:37 WIB
loading...
Program Prakerja Tawarkan Ratusan Pelatihan Gratis, Yuks Cek!
Lewat ISW, Prakerja tawarkan pelatihan gratis. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Program Kartu Prakerja kembali menyelenggarakan Indonesia Skills Week (ISW) yang digelar pada 7-15 Desember 2023. Melalui ISW, banyak ratusan pelatihan gratis dan beragam yang dapat diakses seluruh kalangan masyarakat.



Manajer Pengembangan Ekosistem Sektor Privat Prakerja, Krisna Kiwana Waditra, memastikan, lebih dari 200 lembaga pelatihan, enam digital platform, enam mitra pembayaran, dan empat platform pekerjaan ikut terlibat dalam ISW kali ini.

“Ini tentunya kekuatannya sangat besar, sehingga ini memberikan keragaman dari segi jumlah pelatihan,” ujarnya melalui keterangan pers, Selasa (5/12/2023).

Menurutnya, Prakerja merangkul ragam pemangku kepentingan strategis dan menggandeng banyak pihak agar memberikan manfaat kepada publik, termasuk perluasan dan kemudahan akses bagi angkatan kerja.

Dia mencatat ISW diselenggarakan tiap dua bulan dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat, termasuk aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, dan alumni Prakerja.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angkatan kerja Indonesia saat ini mencapai 140 juta, sementara penerima Prakerja baru 17,5 juta. BPS juga menemukan dari angkatan kerja tersebut, yang menerima pelatihan hanya sekitar 10%, sedangkan 90% lainnya belum menerima pelatihan secara profesional.

Dengan program ISW ini, maka masyarakat berhak untuk mendapatkan berbagai jenis pelatihan untuk meningkatkan keterampilan, baik teknis (hard skill) maupun nonteknis (soft skill). Persyaratan untuk mengikuti ISW ini cukup mudah, peserta hanya perlu memiliki akun Prakerja, kemudian masuk, dan tinggal memilih pelatihan apa saja yang diminati.

Sementara itu, Manajer Pengembangan Ekosistem Sektor Publik Prakerja, Ferdy Fabian mengatakan, program ini dibatasi dalam waktu satu minggu untuk melihat seberapa besar animo dari masyarakat. Juga melihat dari sisi lembaga pelatihan, agar pelatihan yang disajikan bisa lebih merata menjangkau masyarakat.

Meski di setiap pelatihan tentu ada peminatnya masing-masing, ISW hadir untuk memberikan manfaat yang sama bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)