Genjot Ekonomi Berdikari, Ganjar-Mahfud Akan Perkuat Daya Saing Produk Lokal

Sabtu, 06 Januari 2024 - 12:54 WIB
loading...
Genjot Ekonomi Berdikari, Ganjar-Mahfud Akan Perkuat Daya Saing Produk Lokal
Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan meningkatkan daya saing strategis produk Indonesia di pasar global melalui Program Made in Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan meningkatkan daya saing strategis produk Indonesia di pasar global melalui Program Made in Indonesia. Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI) di luar negeri akan jadi ujung tombak dalam memperkuat daya saing produk lokal .

"Made in Indonesia merupakan bagian dari upaya kami mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah," kata Ganjar dalam keterangan tertulis dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Sabtu (6/1/2024).



Program Made in Indonesia dijalankan dengan fokus pada pengembangan industri lokal dan pemberdayaan pelaku UMKM. Selain itu, ada pula program peningkatan inovasi dan teknologi guna meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Selama ini, produk industri pengolahan (manufaktur) merupakan andalan terbesar ekspor Indonesia. Pada 2022, ekspor industri pegolahan mencapai USD206,1 miliar atau 75% dari total ekspor produk non-migas Indonesia.



Sebagai bagian dari program ini, Ganjar akan menggandeng Kantor Kedubes sebagai promotor produk Indonesia di luar negeri. "Kita akan memperkuat diplomasi kedutaan besar di seluruh dunia sebagai ujung tombak ekspor, perlindungan pekerja migran Indonesia, dan pelayanan WNI di luar negeri yang responsif," kata Ganjar.

Selama lima tahun terakhir, ekspor produk manufaktur Indonesia tumbuh 63%, lebih tinggi dari total pertumbuhan ekspor produk non-migas yang hanya tumbuh 54%.

Keberpihakan Ganjar Pranowo terhadap produk lokal tak sekadar ucapan. Hal itu juga dibuktikan Ganjar dengan mengenakan sepatu lokal merek Pijak Bumi bertuliskan Sat Set saat mengikuti debat perdana Pilpres 2024 di KPU, Selasa (12/12/2023) malam.

"Ini sepatu karya anak muda Indonesia. Sepatunya menarik karena ada tulisan Sat Set. Waktu saya mau debat, ada anak yang kirim pesan ke saya, mau tidak Pak pakai sepatu saya. Saya lihat sepatunya dan menarik, wah saya mau banget," kata Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)