Simak Perbandingan New Development Bank Milik BRICS vs IMF

Kamis, 01 Februari 2024 - 12:26 WIB
loading...
A A A
Melihat ke belakang, IMF dibentuk sekitar 1945 dengan anggota awal 29 negara. Waktu itu, mereka punya misi memastikan stabilitas sistem moneter dunia.

Salah satu fungsi utama dari IMF adalah memberikan pinjaman kepada negara-negara yang mengalami kesulitan ekonomi. Tujuannya untuk mencegah atau mengurangi krisis keuangan yang terjadi.



Pada prosesnya, anggota IMF akan menyumbangkan dana berdasarkan sistem kuota. Nantinya, dana itu dimanfaatkan negara lain yang sedang krisis mengalami kesulitan.

Lebih jauh, kuota sumbangan tersebut biasanya didasarkan pada ukuran ekonomi negara anggota. Semakin bagus, makin besar juga kontribusinya

New Development Bank Bisa Kalahkan IMF?


Saat ini, New Development Bank (NDB) milik BRICS masih kalah dalam sejumlah hal dari IMF. Sebut saja dari aspek sumber daya keuangan, ruang lingkup hingga kapasitas pinjamannya.

Mengutip laman Sputnik India, Kamis (1/2/2024), pakar ekonomi Praveen Jha menyebutkan bahwa NDB masih sangat kecil jika dibandingkan dengan IMF atau Bank Dunia dari segi skala. Namun, kondisi ini mungkin akan berubah dalam 15-20 tahun ke depan.

Selain itu, pakar ekonomi lain, Sudhanshu Kumar, juga menilai NDB belum memiliki status yang terlalu memengaruhi tatanan keuangan global. Salah satu alasannya mungkin karena anggotanya tidak sebanyak IMF.
(fjo)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2484 seconds (0.1#10.140)