Penipuan Terbesar dalam Sejarah, Pengusaha Wanita Ini Dituntut Hukuman Mati

Kamis, 21 Maret 2024 - 20:49 WIB
loading...
Penipuan Terbesar dalam Sejarah, Pengusaha Wanita Ini Dituntut Hukuman Mati
Truong My Lan, pengusaha properti wanita asal Vietnam dituntut hukuman mati. FOTO/Van Thinh Phat
A A A
JAKARTA - Jaksa penuntut Vietnam menuntut hukuman mati bagi seorang pengusaha wanita yang diduga mendalangi penipuan terbesar dalam sejarah, demikian dilaporkan media pemerintah kemarin.

Truong My Lan, 68 tahun, ketua pengembang real estate yang berbasis di Ho Chi Minh City, Van Thinh Phat Holdings Group, dituduh menggunakan ribuan perusahaan bayangan untuk menggelapkan uang Rp304 triliun dong atau USD12,54 miliar dari Saigon Commercial Bank (SCB), berkolusi dengan anggota keluarga dan sejumlah kaki tangannya.

Pada tanggal 5 Maret, persidangan Lan dibuka di Ho Chi Minh City, dan dia menghadapi berbagai tuduhan, termasuk penyuapan, melanggar peraturan perbankan, dan penggelapan. Proses persidangan diperkirakan akan berlangsung hingga akhir April.



Dalam sidang kemarin di Pengadilan Rakyat Kota Ho Chi Minh, jaksa penuntut mengatakan bahwa Lan tidak menunjukkan penyesalan atau penyesalan atas tindakan yang dituduhkan kepadanya, "membuat pernyataan yang mengelak dan menyalahkan bawahannya," seperti yang dikutip VnExpress.

"Perilaku kriminal Lan, kaki tangannya dan tim inspeksi telah melanggar manajemen ekonomi pemerintah, menyebabkan hilangnya kepercayaan publik, dan oleh karena itu perlu ditangani dengan tegas," kata jaksa penuntut. Oleh karena itu, ia harus "dikucilkan dari masyarakat selamanya."

Seperti yang dilaporkan VnExpress, jaksa kemarin merekomendasikan 19-20 tahun untuk penyuapan, 19-20 tahun untuk melanggar peraturan perbankan, dan hukuman mati untuk penggelapan. Hukuman gabungan yang direkomendasikan untuknya adalah hukuman mati.

Mereka menuntut hukuman penjara seumur hidup untuk beberapa mantan eksekutif SCB, termasuk ketua Dinh Van Thanh dan Bui Anh Dung serta CEO Vo Tan Hoang Van, yang menurut para jaksa secara aktif membantu memfasilitasi penipuan Lan. Mereka juga merekomendasikan hukuman penjara seumur hidup untuk Do Thi Nhan, mantan kepala inspektur bank di State Bank of Vietnam, yang diduga menerima suap sebesar USD5,2 juta dari Lan, untuk menutup mata terhadap intrik-intriknya.

Para penyelidik negara menuduh Lan merekayasa struktur penipuan yang luas yang melibatkan lebih dari 1.000 perusahaan cangkang dalam dan luar negeri yang didirikan di bawah naungan Van Thinh Phat Group. Mereka mengklaim Lan dan kaki tangannya menggunakan SCB, di mana ia telah menjadi pemegang saham mayoritas sejak 2012, sebagai ATM pribadi mereka, menarik sekitar 1 kuadriliun dong atau USD44 miliar dalam bentuk pinjaman dari tabungan nasabah SCB antara tahun 2012 dan 2022.

Dari jumlah tersebut, ia akhirnya meraup keuntungan 304 triliun dong, jumlah yang setara dengan hampir 3 persen dari PDB negara tersebut pada tahun 2022, melalui pengajuan pinjaman palsu dan perusahaan hantu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)