3 Kelebihan BRICS yang Tidak Dimiliki G7, Apa Saja?

Senin, 24 Juni 2024 - 13:09 WIB
loading...
A A A
Pada awal tahun 2024, BRICS kedatangan enam anggota baru. Artinya, kelompok ekonomi dunia ini sudah memiliki 11 anggota, termasuk 5 di antaranya adalah yang pertama.

Lima anggota pertama yang dimaksud adalah Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Sedangkan enam anggota baru masing-masing Mesir, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Ethiopia.

Pada KTT BRICS 2023 Afrika Selatan, dikabarkan ada lebih dari 40 negara yang menyatakan minatnya untuk bergabung dalam forum tersebut. BRICS pun cukup terbuka untuk menerima mereka yang memenuhi ketentuan.

Berkaitan dengan alasannya, negara-negara lain memandang BRICS ini sebagai alternatif dari kelompok global yang didominasi kekuatan tradisional Barat. Harapannya, status keanggotaan di BRICS bisa membuka manfaat dalam berbagai hal, termasuk pembiayaan pembangunan hingga peningkatan perdagangan dan investasi.

3. Berkeinginan Membentuk Mata Uang Sendiri

Seiring waktu, BRICS terus berkembang menjadi koalisi geopolitik yang dianggap bisa menyaingi dominasi Barat. Mereka pun memiliki upaya membangun basis pengaruhnya dengan cara yang menarik.

Sebagai contoh, saat ketika Bank Dunia dan IMF gagal melaksanakan reformasi tata kelola yang diminta, BRICS menciptakan bank sendiri bernama New Development Bank (NDB). Dibentuk pada 2014, NDB dapat memberikan pinjaman mudah kepada negara-negara berkembang untuk pembangunan berkelanjutan dan proyek infrastruktur.

Kemudian, BRICS juga sering dikabarkan tengah berupaya mengembangkan mata uang baru. Nantinya, mata uang ini bisa digunakan dalam perdagangan internasional di antara negara anggota BRICS.
(akr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)