10 Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan PDB per Kapita pada Tahun 2024

Kamis, 05 September 2024 - 20:35 WIB
loading...
A A A
Salah satu hotspot wisata terbesar di dunia, Swiss juga memiliki sektor keuangan yang menjadi andalan. Negara ini selanjutnya mendapat manfaat dari ekspor logam mulia, instrumen presisi, dan mesin seperti komputer dan perangkat medis.

Sekitar 74% dari PDB Swiss berasal dari sektor jasa dan 25% dari industri, dengan kurang dari satu persen dari sektor pertanian. Swiss juga memiliki tarif PPN terendah di Eropa.

6. Uni Emirat Arab (UEA)

PDB: USD527.8 miliar
Populasi: 9,99 juta

Setelah Turki dan Arab Saudi, UEA memiliki ekonomi terbesar ketiga di Timur Tengah. UEA sangat diuntungkan dari sumber daya alamnya, tetapi tidak ada sungai permanen di negara ini.

Dari total populasi UEA, hanya 20% yang benar-benar penduduk asli, sisanya merupakan pendatang yang terpikat oleh gaji bebas pajak. Selain sektor hidrokarbonnya, pariwisata, keuangan, dan konstruksi adalah sektor yang menguntungkan di UEA.

UEA bekerja keras untuk menjadi pusat sosial dan budaya, dimana mereka sempat menggelar Dubai Expo 2020 (terjadi pada 2021-2022 karena lockdown) dan berencana menghadirkan banyak lagi pameran kelas dunia di 2025.

5. Qatar

PDB: USD244.69 miliar
Populasi: 2.93 juta

Qatar (dan juga UEA) berada dalam daftar 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita untuk tahun 2024 yang sebagian besar mendapat manfaat dari cadangan sumber daya alam mereka. Qatar memiliki cadangan gas terbesar ketiga di dunia.

Cadangan minyak dan gas alam Qatar juga sangat besar dibandingkan dengan populasinya, berkontribusi pada peringkatnya yang tinggi di antara negara-negara terkaya. Qatar juga meningkatkan ekonominya di sektor lain dengan berbagai cara seperti menjadi tuan rumah FIFA 2022 yang memberikan dorongan besar bagi pariwisata dan ekonomi Qatar.

4. Singapura

PDB: USD525.23 miliar
Populasi: 5,45 juta

Singapura merupakan salah satu pusat bisnis dan pusat perdagangan terbesar di dunia. Negara ini memiliki banyak individu dengan kekayaan bersih jumbo di antara penduduknya.

Ekonomi negara tetangga Indonesia ini mengalami beberapa pukulan berturut-turut dalam beberapa tahun terakhir, dengan pandemi pada awalnya dan kemudian ekonomi China yang tersendat sebagai mitra dagang penting bagi sektor manufaktur Singapura.

3. Irlandia

PDB: USD564.02 miliar
Populasi: 5,03 juta

Setelah dihantam krisis keuangan besar pada tahun 2008, Irlandia melakukan banyak upaya untuk mereformasi industri perbankan. Irlandia memulai beragam kebijakan seperti pemotongan upah sektor publik untuk membuat ekonominya berdetak seperti saat ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)