Ekonomi China Lesu, Xi Jinping Desak Pejabatnya untuk Fokus pada Pemulihan ekonomi

Jum'at, 13 September 2024 - 14:37 WIB
loading...
Ekonomi China Lesu,...
Xi Jinpin dorong pejabatnya untuk berusaha mencapai tujuan pembangunan ekonomi dan sosial tahunan negaranya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden China Xi Jinping mendesak pihak para pejabatnya untuk berusaha mencapai tujuan pembangunan ekonomi dan sosial tahunan negaranya. Ia mengatakan di tengah ekspektasi diperlukan lebih banyak langkah untuk mendukung pemulihan ekonomi yang lesu.

Melansir dari Reuters, Xi berbicara pada sebuah simposium di kota barat laut Lanzhou, Ia menekankan perlunya semua wilayah untuk melakukan pekerjaan dengan baik dalam pekerjaan ekonomi menjelang akhir kuartal ketiga dan keempat.



"Lapangan kerja ditempatkan pada posisi yang menonjol dan diperluas di industri yang sedang berkembang," Ujarnya menurut laporan stasiun televisi negara CCTV, Jumat (13/9/2024)

Xi juga berjanji untuk menghilangkan segala bentuk proteksionisme lokal, memperdalam reformasi perusahaan milik negara, dan menerapkan kebijakan untuk mendukung sektor swasta.

Melemahnya aktivitas ekonomi Tiongkok telah mendorong pialang global menurunkan perkiraan pertumbuhan tahun 2024 mereka di bawah target resmi sekitar 5%.

"Kesenjangan pertumbuhan dari target resmi bisa melebar menjadi 0,4-0,5%. Hal ini kemungkinan akan mendorong pihak berwenang untuk merilis paket stimulus," kata ekonom dari ANZ dalam sebuah catatan pada hari Jumat.

Meskipun pertumbuhan ekspor pada bulan Agustus lebih baik dari perkiraan, data resmi harga konsumen dan harga pabrik menunjukkan bahwa negara tersebut masih perlu berjuang melawan tekanan deflasi. Tiongkok akan merilis data output industri, penjualan ritel, dan pengangguran bulan Agustus pada hari Sabtu.



Ada tekanan yang semakin besar terhadap pemerintah Tiongkok untuk menerapkan lebih banyak kebijakan di tengah krisis perumahan yang berkepanjangan, pengangguran yang terus-menerus, permasalahan utang, dan meningkatnya ketegangan perdagangan.

Tiongkok mempunyai ruang untuk menurunkan jumlah uang tunai yang harus disisihkan bank sebagai cadangan, kata seorang pejabat bank sentral pekan lalu.
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)