Kemenparekraf Tambah Akomodasi Tenaga Medis RS Persahabatan

Rabu, 15 April 2020 - 07:54 WIB
loading...
Kemenparekraf Tambah Akomodasi Tenaga Medis RS Persahabatan
Kemenparekraf menyiapkan akomodasi tambahan bagi 313 tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien corona di RS Persahabatan dan RSPAD Gatot Subroto. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan akomodasi tambahan bagi 313 tenaga kesehatan yang bertugas di RS Persahabatan dan RSPAD Gatot Subroto melalui kerja sama dengan industri pariwisata dalam menyediakan akomodasi dan transportasi.

Dua hotel yaitu hotel Mercure Cikini dan hotel Maxone Jalan Pemuda disiapkan sebagai akomodasi tambahan bagi tenaga medis yang menangani pasien corona (Covid-19) di dua RS tersebut.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan, akomodasi tambahan tersebut terbagi menjadi dua yakni 239 tenaga kesehatan dari RS persahabatan dan 74 tenaga kesehatan dari RSPAD.

“Tentunya akomodasi yang disediakan bagi tenaga kesehatan diupayakan jaraknya berdekatan dengan RS tempatnya bekerja. Mereka ada yang mendapatkan fasilitas di Mercure Cikini dan mereka yang di RS Persahabatan di Hotel Maxone Jalan Pemuda dengan jarak sekitar 1,7 kilometer,” ujarnya di Jakarta, Selasa (13/4/2020).

Tidak hanya akomodasi, lanjut Nia, segala kebutuhan para tenaga kesehatan selama menjalani menginap juga disiapkan. Mulai dari laundry, makanan, serta shuttle bus setiap harinya tersedia bagi para tenaga kesehatan. Pihaknya menggandeng Trac Astra Rent Car yang telah berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik untuk tenaga medis.

"Dengan memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan baik untuk para tenaga kesehatan, awak kendaraan, dan juga masyarakat pada umumnya karena menerapkan SOP Sanitasi Hygiene terkait Covid-19," sebutnya.

Nia mengatakan, penambahan dukungan ini merupakan permintaan dari pihak rumah sakit mengingat bertambahnya jumlah tenaga kesehatan yang membantu menangani pasien Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, fokus utama pemerintah dalam masa tanggap darurat ini adalah penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Di sisi lain, pihaknya juga berusaha menjaga keberlangsungan industri pariwisata, salah satunya perhotelan dan transportasi.

"Dukungan dan kerja sama dari industri pariwisata menjadi upaya bersama kita dalam menghadapi pandemi Covid-19. Serta membantu operasional di lapangan, juga menggerakkan pelaku di bidang usaha jasa MICE agar dapat membantu perputaran roda bisnis di masa sulit ini," kata Wishnutama.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0852 seconds (0.1#10.140)