China Uji Coba Mata Uang Digital di Bulan Ini

Minggu, 03 Mei 2020 - 14:26 WIB
loading...
A A A
"Meskipun ada sedikit perubahan perilaku masyarakat, namun dari perspektif pengawasan bank sentral, (mata uang digital) ini sangat tepat sebagai masa depan untuk keuangan, pembayaran, tata kelola bisnis dan sosial. Ini adalah hal terbesar yang pernah ada," katanya kepada China Daily.

Bank sentral China, People's Bank of China (PBOC) mengatakan pengembangan mata uang digital ini telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir dan terus menunjukkan "kemajuan", baik desain dan keamanan.

Gubernur People's Bank of China, Yi Gang, mengatakan mata uang digital sebagai bentuk kedaulatan China dan juga alternatif pembiayaan selain dolar Amerika Serikat. "Mata uang digital China ini sebagai bentuk kedaulatan dan salah satu cara untuk menghindari dampak dari gangguan atau sanksi dari negara lain," ujarnya tanpa menyebut nama negara seterunya.

Yi Gang menambahkan mata uang digital China ini juga dapat memfasilitasi dan berintegrasi ke dalam mata uang yang diperdagangkan secara global.

Cara Mata Uang Digital China Bekerja
Mengutip dari Abacus, media kolaborasi South China Morning Post dan Alibaba Group, pemerintah China menyatakan mata uang digital yuan tidak berbeda dengan aplikasi pembayaran digital yang populer di telepon seluler, seperti Alipay, Apple Pay bahkan Google Pay.

Peneliti dari National Institution for Finance and Development, Dong Ximiao, mengatakan mata uang digital ini telah lama ditunggu-tunggu. Transaksinya dapat dilakukan melalui NFC (Near Field Communication), teknologi yang diciptakan dengan mendekatkan atau menempelkan dua perangkat telepon seluler. "Jadi mata uang ini dapat dengan mudah digunakan tanpa internet," kata Dong.

Pengguna cukup melakukan transaksi atau pembayaran dengan membawa ponsel masing-masing dan mendekatkan perangkat mereka satu sama lain. Cara kerja ini mirip dengan dompet digital.

Pengguna juga dapat menukar uang tunai mereka di rekening bank dan mengkonversinya ke bentuk mata uang digital. Kemudian disimpan dalam dompet elektronik. Salah satu bank milik pemerintah China, The Agricultural Bank of China telah melakukan sistem ini.

Selain dengan NFC, mata uang digital China ini juga memakai sistem QR Code, sebagaimana metode pembayaran mata uang digital lainnya seperti Alipay dan WeChat Pay, yang telah banyak digunakan di China.

Karena dikeluarkan resmi oleh pemerintah China dan dikendalikan oleh bank sentral China, POBC, mata uang digital ini berbeda dengan mata uang digital yang beroperasi di blockchain, seperti bitcoin atau Libra besutan Facebook.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3371 seconds (0.1#10.140)