Bangkitnya Destinasi Wisata Lokal

Sabtu, 26 September 2020 - 08:35 WIB
loading...
A A A
Kami di Inventure mencoba mengkaji dinamika lanskap bisnis pariwisata dengan melihat perubahan-perubahan makroindustri (changes), peta kompetisi (competition), dan perubahan perilaku konsumen (customer) yang memengaruhi bisnis pariwisata di era next normal. Berikut ini ringkasannya. (Baca juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Suatu negara Masuk Jurang Resesi)

I. Change Drivers

Dari sisi kondisi makroindustri, tantangan terberat yang dihadapi industri pariwisata adalah kasus Covid-19 di level global yang masih terus meningkat. Beberapa negara bahkan sedang berjuang menghadapi gelombang kedua, sementara itu di Indonesia saat ini perkembangan kasusnya masih eksponensial dan belum mengalami kurva landai. Dampaknya orang menjadi semakin khawatir keluar rumah, termasuk akan menunda aktivitas berwisata.

Covid-19 Growth & Incidence

Pandemi corona menyebabkan duo krisis, yaitu ekonomi dan kesehatan. Pemulihan ekonomi akan sulit dilakukan apabila krisis kesehatan belum sanggup diselesaikan. Sementara itu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di skala global terus meningkat.

Implikasinya negara-negara akan semakin membatasi jalur transportasi. Di skala nasional, Indonesia harus menghadapi tantangan berat, yaitu blunder pemerintah dalam penanganan Covid-19 yang berakibat 59 negara menutup akses untuk kunjungan warga Indonesia.

Global/Domestic Recession

Krisis ekonomi dampak dari Covid-19 membuat ekonomi negara berjatuhan. Baik negara maju maupun berkembang mulai melaporkan negara mereka mengalami resesi. Berita terbaru, Selandia Baru resesi meskipun pemerintah di sana lebih sigap sudah menutup akses saat kasus positif baru 75 orang dan sudah mulai melonggarkan akses sejak Mei lalu. (Baca juga: Viral, Tentara China Menangis di Perbatasan India dan Jadi Olok-olokan)

Data prediksi dari IMF hanya China yang mampu mencetak ekonomi positif sepanjang tahun 2020 sebesar 1%. Artinya krisis yang dihadapi oleh pemain di bisnis pariwisata tidak hanya dialami di dalam negeri saja, tetapi juga global. Singapura misalnya, salah satu penyebab resesinya adalah kunjungan wisatawan yang menurun drastis dan dengan pembatasan akses, Singapura kehilangan market besar mereka, yaitu Indonesia.

Vaccine Production & Distribution
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4596 seconds (0.1#10.140)