Awas Tergoda Janji Manis Online Shop Palsu

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Karena trauma akan pengalaman berbelanja melalui online shop yang tidak bertanggung jawab, Adiezty pun memilih untuk berbelanja secara langsung atau kalaupun harus berbelanja online bisa menggunakan platform digital yang sudah dipercaya dan memiliki keamanan pengguna yang baik.

"Untuk belanja kebutuhan sehari-hari saya memilih menggunakan aplikasi digital, apalagi dalam masa pandemi. Suka banget pakai aplikasi Go-Mart dari Go-jek,tidak hanya menghemat waktu, kita bisa bebas pilih supermarket yang dekat dengan lokasi rumah," katanya.

Pengalaman berbelanja yang menyenangkan membuat Adiezty tidak perlu khawatir mendapatkan barang pesanan yang tidak sesuai keinginan. Dia pun sering memiliki pengalaman unik, yaitu mendapatkan promosi dari aplikasi digital tersebut.

"Seneng banget pakai aplikasi ini karena kalau kita melakukan pembayaran dengan Go-pay bisa mendapatkan potongan delivery fee. Kalau pakai aplikasi ini aman banget," katanya. (Baca juga: Erdogan Konfirmasi Telah Kerahkan Tentara Turki ke Qatar)

Pengalaman berbelanja yang kurang menyenangkan ternyata juga pernah dirasakan Duma Riris pada 2019. Kali ini ia tergoda untuk membeli salah satu tas bermerek yang ditawarkan sebuah online shop di IG. Akun tersebut berhasil meyakinkan Duma karena terdapat beberapa testimoni dari pembeli dan menampilkan foto gambar asli dari tas yang dibelinya.

"Setelah melihat-lihat barangnya dan beberapa testimoni yang dipajang, timbul rasa ketertarikan untuk membeli dan tidak ada rasa bahwa akun ini fiktif. Lalu saya transaksi layaknya berbelanja online seperti biasa. Tetapi, pas barangnya dikirim kok tidak sampai ke alamat saya," ungkap istri penyanyi Judika ini.

Dia pun mencoba bertanya kepastian kedatangan barang yang dipesannya kepada pemilik akun online shop tersebut. Sayangnya, Duma tidak mendapatkan kejelasan akan barang yang dipesannya. Pihak online shop tersebut berdalih barang sudah dikirim dan seolah lepas tangan. (Baca juga: Usir Keluhan Menopause dengan Kedelai)

"Sampai saat ini tidak ada info lebih lanjut. Jumlahnya juga cukup lumayan, waktu itu saya transfer sekitar Rp10 juta. Saya juga sudah melaporkan kerugian ini ke email perusahaan yang bersangkutan. Selanjutnya, sudah malas untuk melakukan laporan, sebab tidak ada gerak dari pihak sananya," paparnya.

Lantaran tidak ingin nasib serupa dialami lebih banyak orang, Duma hanya bisa membagikan pengalaman itu melalui Insta Stories. Tidak disangka, respons yang datang cukup banyak dan ternyata lapak onlineshop tersebut tidak sekali melakukan aksi kurang bertanggung jawab tersebut.

"Terus akhirnya saya hanya bisa share pengalaman ini di media sosial. Dan hasil yang saya dapat dari followers saya, mereka juga ada yang dikerjain online shop ini. Setelah ditelusuri nomor rekening yang tertera dalam kolom Instagramnya pun sudah melakukan banyak penipuan," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4038 seconds (0.1#10.140)