Hey! Instansi Pemerintah, Beli Dong Produk UMKM

loading...
Hey! Instansi Pemerintah, Beli Dong Produk UMKM
Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mendorong instansi pemerintah termasuk Kementerian/Lembaga, Pemda, dan BUMN untuk berbelanja produk UMKM. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masdukimendorong instansi pemerintah termasuk Kementerian/Lembaga, Pemda, dan BUMN untuk berbelanja produk UMKM.

“UMKM terdampak pandemi COVID-19 sehingga perlu mengefektifkan belanja pemerintah, lembaga, BUMN, termasuk pemerintah daerah untuk berbelanja produk UMKM,” kata Teten dalam acara Webinar Bersatu Bangkit Bela Pengadaan di Jakarta, Selasa (27/10).

(Baca Juga:Pelaku UMKM Harus Tahan Banting di Masa Pandemi, Nih Teten Kasih Contoh)

Untuk mendukung hal itu, Teten mengatakan KemenkopUKM telah menghadirkan beberapa program sebagai bentuk pendampingan transformasi digital UMKM seperti EDUKUKM.ID yaitu Program e-learning atau pelatihan daring secara gratis (diakses di www.edukukm.id).



Selain itu Seri Podcast 60 detik untuk memandu UMKM shifting ke model bisnis digital (diakses di kanal media sosial @kemenkopukm), Seri Webinar SPARC Campus (diakses di SMESCO). Seri video bertema New Normal/Adaptasi Kebiasaan Baru (diakses di kanal media sosial @kemenkopukm), dan Seri pelatihan daring terintegrasi program SPARC Campus (diakses di SMESCO).

"Ada pula Kakak Asuh UMKM yang merupakan pelatihan khusus untuk umum agar dapat menjadi digital marketers untuk membantu penjualan UMKM khususnya di e-commerce (diakses di SMESCO)," tambahnya.

Pihaknya juga melakukan intervensi di sisi hilir atau perluasan pasar dilakukan dengan menyertakan UMKM dalam platform digital belanja barang dan jasa pemerintah serta BUMN.



Teten mengatakan KemenkopUKM telah bekerjasama dengan LKPP untuk menghadirkan Laman UMKM & BeLa Pengadaan untuk program ini serta melakukan pendampingan/pelatihan bagi UMKM untuk dapat hadir dalam platform ini.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top