Memanfaatkan Kesempatan dengan Belajar Usaha Baru di Masa Pandemi

Sabtu, 07 November 2020 - 13:12 WIB
loading...
A A A
Setiap peluang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bukan hanya mencari celah untuk berbisnis, dalam pekerjaan pun demikian. Stevenly Rio Loginsi, 42, asal Manado, Sulawesi Utara, memanfaatkan program dari pemerintah untuk menemukan pekerjaan barunya. (Baca juga: Perkuat Imunitas dengan Konsumsi Buah)

Steven sebelumnya seorang satpam outsourcing. Akibat pandemi, dia terkena pemutusan hubungan kerja. Sebulan menganggur dan sempat menjadi ojek online, akhirnya dia menemukan jalan keluar dengan mendaftar di program Kartu Prakerja pada gelombang keempat.

"Daftar pelatihan digital marketing sesuatu yang baru untuk saya. Saya pelajari saja karena terpikir akan mulai usaha," kenangnya.

Setelah pelatihan selesai, belum ada usaha yang bisa dijalaninya. Akhirnya dia melamar di perusahaan provider telekomunikasi. Untuk berpromosi, juga membuat desain poster yang akan disebar.

Steven pun sanggup melakukannya karena ada dasar pengajaran dari pelatihan di Kartu Prakerja. "Desain grafis diajarkan hanya dasar, tapi saya lanjut cari pelatihan di Kartu Prakerja untuk desain. Alhasil desain saya semakin bagus sampai atasan saya suka hingga mengangkat saya menjadi supervisor," cerita Steven. (Lihat videonya: Pemda DKI Jakarta berencana Perpanjang PSBB Transisi)

Dua bulan bekerja sudah diangkat menjadi supervisor merupakan prestasi membanggakan di usianya yang tidak muda lagi. Nilai plus yang didapatnya juga hasil dari pelatihan sebelumnya karena dapat melakukan marketing, juga memanfaatkan sarana digital sebagai salah satu cara penjualan.

Pada saat kesulitan menghadang, ketika diberi kesempatan harus berani mencoba hal baru. Belajar sesuatu yang baru bisa jadi jalan keluar dari segala permasalahan. (Ananda Nararya)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)