Mantul, Pendapatan eFishery Meningkat Pesat di 2020

Selasa, 22 Desember 2020 - 11:13 WIB
loading...
A A A
"Di tengah wabah seperti sekarang ini, kami mengalami kendala dalam serapan hasil panen. Kadang kami terpaksa jual rugi ke tengkulak. Program Tarik Ikan ini membantu usaha budidaya kami tetap berjalan," ujar Kuncoro, pembudidaya ikan patin asal Rejotangan, Kabupaten Tulungagung.

Selain pendistribusian melalui jalur business to business (B2B), di tahun ini eFishery juga meluncurkan program BerIkan untuk Indonesia (Beri Ikan untuk Indonesia), sebuah aksi sosial yang dijalankan bekerja sama dengan WeCareId, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Shafira Foundation.

(Baca Juga: Dua Investor Kakap Gelontorkan Pendanaan di Start Up eFishery)

Gerakan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan paket bahan makanan berprotein tinggi berupa ikan segar yang diambil langsung dari pembudidaya. Sebanyak 30 ton ikan telah didistribusikan ke lebih dari 20.000 orang penerima, termasuk diantaranya 10.000 orang tenaga kesehatan di wilayah Bandung, Cimahi, dan Jakarta.

Rantai nilai akuakultur end-to-end tidak hanya diciptakan eFishery untuk dapat mengembangkan ekosistem akuakultur secara menyeluruh di Indonesia, namun juga sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan pembudidaya. Demi melancarkan misi pemberdayaan pembudidaya dan meningkatkan akses pembudidaya terhadap pasar dan keuangan, eFishery turut membangun fasilitas eFisheryPoint.

Di eFisheryPoint, pembudidaya dapat memperoleh berbagai informasi seputar teknologi budidaya perikanan dan juga berpartisipasi dalam kegiatan edukatif lainnya, seperti seminar peningkatan literasi finansial. Saat ini eFisheryPoint telah tersebar di lebih dari 65 kota di Indonesia.

Dalam periode satu tahun terakhir ini, menurut Gibran, inovasi yang diciptakan eFishery telah membantu pembudidaya dalam meningkatkan produksi sebesar 26% dan pendapatan mereka meningkat hingga 45%.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2716 seconds (0.1#10.140)