Harga Kedelai Impor di Pengrajin Tahu Tempe Ditetapkan Rp8.500 per Kg

Kamis, 07 Januari 2021 - 21:29 WIB
loading...
Harga Kedelai Impor di Pengrajin Tahu Tempe Ditetapkan Rp8.500 per Kg
Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo melihat kedelai yang akan diproses menjadi tahu di sentra industri kecil tahu tempe di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (7/1/2021). (Foto/Humas Kementan)
A A A
JAKARTA - Pengrajin tahu dan tempe kini bisa bernapas lega. Mereka mendapatkan jaminan pasokan kedelai impor dengan harga Rp8.500 per kilogram (kg).

Kepastian ini diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat dirinya bersama Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengunjungi pengrajin tahu tempe dan sekaligus melakukan gerakan stabilisasi pasokan dan harga pasar kedelai di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (7/1/2021).

(Baca juga:Kemenperin Pacu Produktivitas Industri Tahu Tempe)

Gerakan stabilisasi ini dengan menggandeng Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) serta Asosiasi Importir Kedelai Indonesia (Akindo).

Mentan mengatakan konsumsi kedelai impor cukup tinggi karena harganya jauh lebih murah dibandingkan kedelai lokal. Saat ini kenaikan harga terjadi secara global sehingga menimbulkan kendala di pasar lokal.

(Baca juga:Persediaan Kedelai Aman Tapi Harga Tinggi, Produsen Tahu Tempe di Purwakarta Enggan Produksi)

“Konstraksi pada kedelai terjadi secara global. Selama ini tempe tahu yang kita konsumsi banyak menggunakan kedelai impor karena harganya lebih murah. Pasokan kita aman, namun memang harga naik karena negara produsen mengalami kendala,” ucap SYL.

SYL menegaskan Kementan bersama dengan stakeholder saat ini bersama dalam menjaga stabilitas harga kedelai di tengah polemik kenaikan harga yang terjadi saat ini. Ada tiga agenda yang akan dilakukan Kementan untuk terus memantau pasokan dan harga kedelai dalam negeri.

(Baca juga:Ketergantungan Kedelai Impor Bikin Produsen Tahu Tempe Gempor, Ini Saran Analis)

“Pertama agenda SOS yakni stabilisasi harga, pasokan tidak boleh ada yang terganggu sehingga ketersedian harus dipastikan aman. Harga tidak boleh terlalu turun dan tidak boleh terlalu naik, khawatirnya konstraksi ini hanya sementara,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5724 seconds (0.1#10.140)