Mezanin Solusi Tambah Ruang dengan Cara Sederhana

Rabu, 13 Januari 2021 - 08:30 WIB
loading...
A A A
"Kelebihan material kayu ada pada biaya yang relatif murah, namun dari kokohnya disarankan harus memiliki ketebalan minimal 20 milimeter," paparnya.

Sedangkan untuk material beton, ia pun menambahkan material yang sangat disarankan untuk lantai mezanin karena beton memiliki kekuatan yang baik. Namun, ketika ingin menggunakan beton, dibutuhkan kecermatan tinggi saat perencanaan dan biayanya yang relatif mahal.

Besi dan baja material yang paling mudah untuk diaplikasikan dan harganya juga relatif terjangkau. Namun, sangat kurang dari segi estetika, sehingga mungkin saja tidak akan sesuai dengan desain interior ruang di rumah Anda.

"Saat ini beberapa industri material juga telah menyediakan panel lantai siap pakai dengan cara prefab atau sudah dibuat di pabrik, sehingga memudahkan saat memasangnya," tegasnya.

Dengan adanya mezanin yang ditambahkan, tentu saja perlu tangga yang menghubungkan lantai di bawahnya. Biasanya, tangga dibuat dengan desain ringan namun cukup aman untuk menjadi aksen naik dan turun.

"Untuk hunian mungil, tangga mezzanin bisa dibuat simpel menggunakan tangga melayang. Tangga menempel di dinding," kata Setiadi.

Dengan desain dan penataan yang baik, maka keberadaan mezanin bukan hanya memenuhi kebutuhan ruang tambahan tetapi juga menambah estetika rumah. (Aprilia S Andyna)
(wan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)